Pentingnya Mempelajari Ilmu Tajwid

Pentingnya Mempelajari Ilmu Tajwid

Ketahui pentingnya mempelajari ilmu tajwid beserta alasannya. dan juga hindari kesalahan-kesalahan ini dalam membaca Al Qur'an

Konten [Tampil]

Bismillah, Alhamdulillah, wassalaatu wassalaamu 'ala Rasuulillah.

Belajar tajwid dengan cara mudah. Materi di blog Belajar Quran Lengkap ini diperuntukkan bagi mereka yang bisa membaca Al Qur'an, namun belum mengetahui cara yang tepat dalam membacanya. Yaitu dengan tajwid.

Apa yang dimaksud dengan tajwid?

Yaitu membaca Al Qur'an sebagaimana makraj dan sifat-sifat huruf serta aturan dalam membaca. Aturan-aturan ini muncul di setiap halaman, di setiap baris, bahkan di setiap huruf atau kata. Karena itu, penting untuk mempelajari ilmu tajwid.

Pentingnya mempelajari ilmu tajwid
Pentingnya mempelajari ilmu tajwid


Pentingnya Mempelajari Ilmu Tajwid


Allah (سبحان و تعالى) menurunkan Al Qur'an ini melalui Malaikat Jibril (عليه السلام) kepada Nabi Muhammad (ﷺ). Karenanya, kita sebaiknya membaca Al Qur'an sebagaimana Nabi (ﷺ) membacanya.

Tajwid dapat membantu kita untuk melakukannya.

Nabi (ﷺ) bersabda:

"Orang yang tidak membaca Al Qur'an dengan nada yang baik, bukan termasuk golongan kami." (HR. Abu Dawud no. 1469 dan Ahmad 1:175)

Ini peringatan yang sangat serius. Akan tetapi, membaca dengan nada yang baik juga tidak cukup jika Anda punya masalah dalam Makhraj, masalah dalam Sifat, serta masalah dalam aturan-aturan lainnya.

Kesalahan dalam Membaca Al Quran


Mari kita lihat satu per satu, kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan ketika tilawah.

1. Masalah dalam 'Makhraj.'

(وَاللهُ عَلِيْمٌ), meski Anda baca dengan sangat indah, namun bila Anda baca dengan (وَاللهُ أَلِيْمٌ), maka artinya adalah "Allah itu menyakitkan," karena (عَلِيْمٌ) berarti "Maha Mengetahui," sedangkan (أَلِيْمٌ) berarti "Menyakitkan," Astaghfirullah!

2. Masalah dalam 'Sifat'.

Misalnya jika seseorang berkata, "Allaahu Akbar (dengan lam tipis), maka ini tidak benar. Seharusnya "Allaahu Akbar" (dengan lam yang tebal), dengan cara Bahasa Arab.

3. Masalah dalam Aturan.

Misalnya jika seseorang membaca, (خَلَقْنَا sebagai خَلَقْنَ) ini menjadi malapetaka, karena (خَلَقْنَا) berarti "Kami telah menciptakan," sedangkan (خَلَقْنَ) berarti "Para wanita itu telah menciptakan."

Kita membaca dengan kesalahan karena pelajaran yang kurang tepat, atau akibat bahasa ibu kita berpengaruh dan terbawa ke dalam Bahasa Arab. Misalnya orang Sunda membaca dengan logat sunda, atau karena belum pernah mengenal tajwid.

Tujuan Belajar Tajwid

Tujuan dari belajar tajwid adalah :

1. Membantu Anda membaca Al Qur'an dengan benar, yaitu dengan tajwid;

2. Mengajari Anda aturan-aturan utama tajwid, termasuk pentingnya aturan-aturan tersebut serta logika yang mungkin di balik adanya aturan tersebut

3. Melatih penggunaan aturan-aturan ini dalam kata-kata yang sering muncul di dalam Al Qur'an, maasya Allah; Dan Anda pun akan mendapat tips praktis cara menggunakan aturan-aturan ini. 

Inilah keutamaan dan kenikmatan mencari ilmu Al Qur'an.

Insya Allah, membaca Al Qur'an dengan benar akan memicu kesenangan dan keasikan dalam diri Anda, serta menjadikan Anda semakin dekat kepada Allah (سبحان و تعالى).

Bisakah kita mempelajari tajwid dalam waktu singkat?

Sebenarnya dibutuhkan berbulan-bulan untuk menguasainya. Kenapa, karena membaca Al Qur'an merupakan keterampilan, bukan pengetahuna. Sama seperti mengendarai sepeda atau mobil, atau berenang.

Tidak bisa kita lancar dalam mengendarai mobil dalam waktu singkat. Dibutuhkan latihan. Semakin sering Anda latihan, insyaAllah Anda akan semakin terampil dan menguasainya.

Dan pelajaran di blog ini akan memberi Anda dasar-dasar yang mengenalkan Anda kepada aturan-aturan utama, serta memandu Anda untuk menggunakan aturan-aturan tersebut dengan cara sederhana dan efektif.

Jadi ini adalah pelajaran singkat yang sederhana dan mudah, InsyaAllah.

Ikuti terus update artikel Belajar Quran Lengkap untuk mendapatkan pelajaran Membaca Al Qur'an, Belajar Tajwid, dan Memahami Al Qur'an.

Jazaakumullah khair, wassalamu'alaikum.

Baca juga : 
LihatTutupKomentar