Ebook Tajwid Rahasia Lancar Baca Qur'an

Ebook Tajwid Rahasia Lancar Baca Qur'an

Dapatkan ebook tajwid gratis untuk membantu Anda. Panduan ilmu tajwid aplikatif PDF ini merupakan panduan tajwid praktis.

Konten [Tampil]

Ebook Tajwid Rahasia Lancar Baca Qur'an

Anda sedang belajar membaca Al Qur'an, dapatkan buku tajwid pdf untuk membantu Anda. Buku tajwid lengkap pdf ini merupakan panduan tajwid praktis. Salah satu ebook [1] Al Quran yang perlu Anda miliki.


Ebook Al Quran

Kabar gembira bagi Anda yang ingin bisa membaca Al Qur'an, Fun Quran membuat ebook Jenius Baca Quran. Buku ini berisi materi ilmu tajwid lengkap disertai contoh-contohnya untuk mempermudah pemahaman.


download ebook gratis beserta contohnya
Download buku tajwid lengkap pdf beserta contohnya


Dan Fun Quran juga membagikan materi tajwid lengkap pdf praktis untuk Anda yang belum mau memperdalam tajwid tapi ingin bisa benar dalam membaca Al Quran. Buku tajwid pdf ini berisi cara mudah menerapkan hukum tajwid. 


Dengan dua ebook materi tajwid lengkap pdf ini, Anda bisa memilih mau belajar hukum tajwid atau langsung ke penerapan hukum tajwid. Semoga Allah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan Al Quran mendapatkan syafaat darinya. 


Belajar Hukum Tajwid Lengkap


Sudah download ebook al Quran? Berikut ini tambahan semangat bagi yang sedang belajar membaca Al Qur'an. 


Tahukan Anda, hal penting yang dilupakan, atau tidak diketahui oleh orang yang belajar membaca Al Qur'an adalah tujuan. Ya, tujuan mereka belajar membaca Al Qur'an. Maksudnya bagaimana ?


Cara Belajar Membaca Al Quran


Ada 2 jalan dalam belajar membaca Al Qur'an,


1. Belajar membaca Al Qur'an dengan mempelajari dan menghafalkan hukum-hukum tajwid. Cara ini umum digunakan di pesantren-pesantren dengan mempelajari makhroj huruf, hukum nun mati dan tawnin, hukum mim mati, dan yang lainnya. Mereka bisa membaca Al Qur'an dengan tajwid karena sudah hafal hukumnya dan terlatih untuk menerapkannya dalam tilawah [2]. Proses ini perlu waktu lama, tergantung kemampuan menghafal dan juga banyaknya latihan membaca yang dilakukan.


2. Cara kedua ini dengan belajar bagaimana cara membaca Al Qur'an melalui hasil dari ilmu tajwid. Cara ini tidak memerlukan proses seperti yang pertama. Tidak perlu menghafalkan hukum-hukum tajwid. Karena itu, cara ini bisa lebih cepat. Tapi, tetap perlu waktu untuk bisa lancar membaca Al Qur'an karena itu merupakan keterampilan, bukan pengetahuan.

Penjelasan lebih lengkap bisa baca artikel cara cepat belajar membaca al Qur'an tanpa menghafal tawjid.

Maksudnya cara yang kedua itu bagaimana? Apa bisa membaca Al Qur'an bertajwid tanpa menghafal hukum tajwid?


Hasil dari Ilmu Halal Haram


Untuk memudahkan Anda memahami cara kedua, saya akan memberikan gambaran yang sudah tidak asing lagi. Silahkan jawab pertanyaan ini !


Ketika Anda berbelanja di minimarket, bagaimana caranya Anda tahu kalau yang Anda beli itu halal?


Saya yakin, jawaban semua orang akan sama. "Ya ... tinggal lihat saja ada logo halalnya atau tidak". Betul seperti ini khan?


Ya, dengan melihat logo halal, kita tahu kalau makanan itu InsyaAllah makanan yang halal. Lalu, apa Anda tahu bagaimana caranya atau proses sehingga makanan itu mendapat logo halal?


Makanan itu melalui proses yang panjang dan juga diperlukan ulama yang faqih dalam ilmu halal haram. Berkat para ulama itulah, kita bisa menikmati makanan halal. Jadi, kalau boleh saya katakan "Logo halal itu adalah hasil dari ilmu halal haram"


Ternyata, dengan ilmu halal haram itulah kita bisa dengan mudah membedakan makanan yang baik untuk kita konsumsi. Walaupun kita tidak faham tentang ilmu haram haram, tapi kita bisa menikmati hasilnya.


Nah, begitu juga dengan ilmu tajwid


Hasil dari Ilmu Tajwid

Kalau sebelumnya kita bisa menikmati kemudahan dari ilmu halal haram, lalu bagaimana kita menikmati kemudahan dari ilmu tajwid? 


Ya, cara termudah untuk bisa membaca Al Qur'an bertajwid adalah dengan menggunakan hasil dari ilmu tajwid. Sama seperti kita memanfaatkan logo halal dalam membeli makanan. Dengan menggunakan hasil ilmu tajwid, kita tidak perlu belajar atau menghafalkan hukum-hukum tajwid.


Lalu, apa hasil dari ilmu tajwid? 

Tanda Baca atau Simbol dalam Al Qur'an

Hasilnya adalah tanda baca. Ya, tanda baca adalah hasil dari para ulama tajwid yang dibuat untuk memudahkan umat Islam dalam membaca Al Qur'an. Kita semua sudah tahu bahwa dulu Al Qur'an ditulis tanpa tanda baca, atau dalam Arab gundul. Karena ditemukan banyak perbedaan dan kesalahan dalam membacanya, maka para ulama membuat hukum tajwid.


Melalui tanda baca itulah kita bisa dengan mudah membaca Al Qur'an. Tapi sayang, ilmu tentang hasil tajwid ini belum seluruhnya digunakan. Oleh karena itu, banyak dari umat ini yang kesulitan dalam membaca Al Qur'an. 


Belajar Baca Qur'an atau Belajar Tajwid


Sebelum mulai belajar, tentukan terlebih dahulu tujuan belajar tajwid. Apakah mau belajar membaca Al Qur'an atau belajar hukum tawjid. Seperti apa perbedaannya? Simak jawabannya di video berikut.




Download Ebook Tajwid Lengkap 


Ebook tajwid lengkap gratis
Buku tajwid pdf


Bagaimana kita bisa memanfaatkan secara optimal hasil dari para ulama tajwid? Dapatkan jawabannya di dalam Ebook Tajwid Jenius Baca Quran "Rahasia Lanca Membaca Al Qur'an tanpa Menghafal Hukum Tajwid".


Anda yang ingin belajar atau memperdalam hukum tajwid bisa belajar baca al Quran di bawah ini


Artikel bagus lainnya : 
3. Panduan belajar tajwid lengkap - Panduan tajwid lengkap

Semoga dengan ebook Al Quran (buku tajwid lengkap pdf) di atas dan terus mengikuti blog ini bisa membantu Anda belajar tajwid dengan lengkap dan mudah. Sudah download tajwid al Qurannya?

[1] eBook adalah bentuk buku yang dapat diakses secara elektronik, biasanya dalam format digital seperti PDF, ePub, atau format lainnya.
[2] Tilawah adalah membaca al Qur'an.
LihatTutupKomentar