Ebook Tajwid Gratis Rahasia Lancar Baca Qur'an

Ebook Tajwid Gratis Rahasia Lancar Baca Qur'an

Dapatkan ebook tajwid gratis untuk membantu Anda. Panduan ilmu tajwid aplikatif PDF ini merupakan panduan tajwid praktis.

Konten [Tampil]

Anda sedang belajar membaca Al Qur'an, dapatkan ebook tajwid gratis untuk membantu Anda. Panduan ilmu tajwid aplikatif PDF ini merupakan panduan tajwid praktis.


Hal penting yang dilupakan, atau tidak diketahui oleh orang yang belajar membaca Al Qur'an adalah tujuan. Ya, tujuan mereka belajar membaca Al Qur'an. Maksudnya bagaimana ?

Ebook Tajwid Gratis


Download Ebook Tajwid Gratis Rahasia Lancar Baca Qur'an
Ebook Tajwid Gratis


Ada 2 jalan dalam belajar membaca Al Qur'an,


1. Belajar membaca Al Qur'an dengan mempelajari dan menghafalkan hukum-hukum tajwid. Cara ini umum digunakan di pesantren-pesantren. Mereka bisa membaca Al Qur'an dengan tajwid karena sudah hafal hukumnya dan terlatih untuk menerapkannya dalam tilawah. Proses ini perlu waktu lama, tergantung kemampuan menghafal dan juga banyaknya latihan membaca yang dilakukan.


2. Cara kedua ini dengan belajar bagaimana cara membaca Al Qur'an melalui hasil dari ilmu tajwid. Cara ini tidak memerlukan proses seperti yang pertama. Tidak perlu menghafalkan hukum-hukum tajwid. Karena itu, cara ini bisa lebih cepat. Tapi, tetap perlu waktu untuk bisa lancar membaca Al Qur'an karena itu merupakan keterampilan, bukan pengetahuan.


Maksudnya cara yang kedua itu bagaimana? Apa bisa membaca Al Qur'an bertajwid tanpa menghafal hukum tajwid?

Hasil dari Ilmu Halal Haram

Untuk memudahkan Anda memahami cara kedua, saya akan memberikan gambaran yang sudah tidak asing lagi. Silahkan jawab pertanyaan ini !


Ketika Anda berbelanja di minimarket, bagaimana caranya Anda tahu kalau yang Anda beli itu halal?


Saya yakin, jawaban semua orang akan sama. "Ya ... tinggal lihat saja ada logo halalnya atau tidak". Betul seperti ini khan?


Ya, dengan melihat logo halal, kita tahu kalau makanan itu InsyaAllah makanan yang halal. Lalu, apa Anda tahu bagaimana caranya atau proses sehingga makanan itu mendapat logo halal?


Makanan itu melalui proses yang panjang dan juga diperlukan ulama yang faqih dalam ilmu halal haram. Berkat para ulama itulah, kita bisa menikmati makanan halal. Jadi, kalau boleh saya katakan "Logo halal itu adalah hasil dari ilmu halal haram"


Ternyata, dengan ilmu halal haram itulah kita bisa dengan mudah membedakan makanan yang baik untuk kita konsumsi. Walaupun kita tidak faham tentang ilmu haram haram, tapi kita bisa menikmati hasilnya.


Nah, begitu juga dengan ilmu tajwid

Hasil dari Ilmu Tajwid

Kalau sebelumnya kita bisa menikmati kemudahan dari ilmu halal haram, lalu bagaimanan kita menikmati kemudahan dari ilmu tajwid? 


Ya, cara termudah untuk bisa membaca Al Qur'an bertajwid adalah dengan menggunakan hasil dari ilmu tajwid. Sama seperti kita memanfaatkan logo halal dalam membeli makanan. Dengan menggunakan hasil ilmu tajwid, kita tidak perlu belajar atau menghafalkan hukum-hukum tajwid.


Lalu, apa hasil dari ilmu tajwid? 


Hasilnya adalah tanda baca. Ya, tanda baca adalah hasil dari para ulama tajwid yang dibuat untuk memudahkan umat Islam dalam membaca Al Qur'an. Kita semua sudah tahu bahwa dulu Al Qur'an ditulis tanpa tanda baca, atau dalam Arab gundul. Karena ditemukan banyak perbedaan dan kesalahan dalam membacanya, maka para ulama membuat hukum tajwid.


Melalui tanda baca itulah kita bisa dengan mudah membaca Al Qur'an. Tapi sayang, ilmu tentang hasil tajwid ini belum seluruhnya digunakan. Oleh karena itu, banyak dari umat ini yang kesulitan dalam membaca Al Qur'an. 

Cara Mendapatkan Ebook Tajwid Gratis


Ebook tajwid lengkap gratis
Download ebook tajwid


Bagaimana kita bisa memanfaatkan secara optimal hasil dari para ulama tajwid? Dapatkan jawabannya di dalam Ebook Tajwid Gratis "Rahasia Lanca Membaca Al Qur'an tanpa Menghafal Hukum Tajwid".



Dan bagi Anda yang ingin belajar atau memperdalam hukum tajwid bisa download ebook tajwid di bawah ini


Artikel bagus lainnya : 

Download ebook tajwid di atas dan ikuti terus blog ini untuk belajar tajwid dengan lengkap dan mudah
LihatTutupKomentar