Belajar Membaca Al Quran Gratis - Belajar Quran Online

Belajar Membaca Al Quran Gratis - Belajar Quran Online

Fun Quran membuat program belajar membaca al qur'an gratis dengan metode jenius baca quran. Belajar baca quran online cocok untuk anak dan orang tua

Konten [Tampil]

Fun Quran membuat program belajar membaca al qur'an gratis dengan metode jenius baca quran. Hal ini untuk mempermudah umat Islam dan menambah kecintaan umat terhadap Quran.


Belajar membaca al Qur'an Gratis
Belajar membaca al Qur'an Gratis


Kenapa Harus Belajar Baca Quran 

Setiap manusia melakukan sesuatu atau aktivitas apapun itu pasti punya alasan atau motif yang medasarinya. Semakin kuat alasan atau motif yang dimiliki, maka akan semakin persisten atau semangat dalam menjalaninya.

Motivasi Belajar Baca Quran

Motivasi ada yang berasal dari luar, dan ada juga yang berasal dari dalam.


Motivasi dari luar misalnya dari ceramah pengajian, teman atau kondisi lingkungan. Itulah kenapa ketika berada di pesantren, atau ikut pesantren kilat jumlah ibadah kita akan lebih banyak. Dan kita mudah untuk melakukannya, bahkan termotivasi untuk melakukan lebih. Tapi sebaliknya, ketika sudah selesai mengikuti pesantren kilat tersebut, ibadah kita kembali turun dan kembali seperti sebelumnya.


Motivasi dari luar pengaruhnya bisa besar, tapi memberikan efeknya hanya sebentar. Ketika stimulusnya hilang, maka dampaknya pun akan segera hilang. Untuk mempertahankan motivasi yang berasal dari luar perlu pengulangan yang rutin.


Motivasi dari dalam inilah yang lebih baik. Motivasi yang berasal dari diri sendiri dan tidak terpengaruh stimulus dari luar. Mau dapat stimulus positif atau pun negatif, motivasi dari dalam akan tetap bertahan. Motivasi dari dalam bisa dari alasan dasar, cita-cita atau impian yang ingin diraih.


Motivasi ini biasanya ada 2, mendapatkan kenikmatan atau menghindari rasa sakit. Ketika bisa mendapatakan alasan kuat untuk meraih sesuatu diantara 2 sebab tadi, maka motivasi akan bertahan lama.


Dan begitupun dengan belajar baca quran. Perlu motivasi yang kuat untuk bisa bertahan berinteraksi dengan Al Qur'an. Baik berinteraksi dengan membaca, tadabur, atau menghafalkan Al Qur'an.


Allah yang menciptakan manusia sudah tahu fitrahnya. Manusia perlu motivasi untuk melakukan sesuatu. Coba perhatikan isi di Al Qur'an, Anda akan menemukan banyak ayat-ayat yang membahas tentang balasan. Balasan untuk amal sholeh ataupun kejahatan yang dilakukan.


Adanya surga dan neraka ( hari akhir ) yang menjadi salah satu rukun iman merupakan upaya Allah dalam memberi motivasi. Begitupun dengan hadits dari Nabi Muhammad saw yang banyak betebaran tentang manfaat atau balasan dari Allah jika melakukan ibadah.


Begitupun dalam belajar baca quran, perlu motivasi untuk bisa bertahan dan melalui proses belajar. Motivasi yang bisa menguatkan dan akhirnya bisa mencapai tujuan bisa yang didambakan, bisa membaca al Qur'an dengan baik dan benar. Membaca Al Qur'an dengan menerapkan hukum tajwid.


Berikut ini beberapa hadits untuk memberi motivasi dalam belajar baca quran.


1. Pahala membaca al quran 

Rasulullah memberikan kabar gembira bagi para pembaca Al Qur'an. Pahala yang banyak dan berlimpah. Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah mengatakan bahwa pahala membaca Al Qur'an itu dihitung bukan setiap khatam, bukan juga setiap juz, tapi dihitung setiap huruf.


Ya, pahala membaca Al Qur'an dihitung perhuruf. Bisa dibayangkan kalau setiap hari rutin membaca satu juz Al Qur'an, berapa pahala yang dikumpulkan untuk nanti hari akhir. Sungguh beruntung orang yang bisa banyak mengambil manfaat dari Al Qur'an ini.


Kalimat basamalah itu ada 19 huruf, artinya hanya dengan membaca kalimat basmalah sudah dapat pahala 19. Itulah salah satu alasan kenapa ada anjuran membaca Al Qur'an rutin setiap hari. Dan kalau bisa sehari baca Al Qur'an 1 juz sehingga bisa khatam setiap bulan.


Jadi bagi yang sedang belajar baca Al Qur'an yang bacaannya masih terbata-bata atau bahkan sering diulang-ulang karena salah. Ini menjadi kabar gembira karena pahalanya dihitung perhuruf, bukan perhalaman atau perjuz. 


Semakin banyak huruf yang dibaca, semakin banyak pahala yang didapat. Semakin sering mengulang, mendulang pahala semakin terbentang.


Apalagi ada hadits Rasulullah yang mengatakan bahwa orang yang belajar membaca Al Qur'an akan mendapatkan pahala 2 kali. Satu pahala dari belajar baca quran, dan satu pahala dari huruf yang dia baca. Keistimewaan yang tidak bisa didapatkan orang yang ahli Al Qur'an.


Jadi, bagi yang bacaannya masih berat, terbata-bata, banyak salah, berbahagialah karena ada pahala besar yang didapatkan. Jadikan program belajar membaca al qur'an gratis ini sebagai jembatan untuk mengumpulkan pahala.


2. Mendapat syafaat bagi pembacanya

Kelak di hari kiamat Al Qur'an akan mencari orang-orang yang senantiasa membacanya ketika di dunia. Kelak Al Qur'an akan bersaksi bahwa dia telah menahan pembacanya dari tidur malam dan meminta izin kepada Allah untuk memberi syafaat kepada pembacanya.


Salah satu syafaat yang perlu dikerjar dan diusahakan untuk didapatkan selain syafaat dari Rasulullah saw. Semoga yang terlibat di program belajar membaca al qur'an gratis ini mendapat syafaat dari al qur'an kelak.


3. Diberi sakinah 

Berdasarakan hadits dari Abu Hurairah bahwa Allah akan memberikan sakinah bagi yang membaca dan mengajarkan Al Qur'an. Selain sakinah ia pun akan mendapat rahmat. 


Dan juga para pembaca dan pengajar Al Qur'an akan menjadi orang terkenal di langit. Allah akan menyebut-nyebut namanya di kalangan penduduk langit. Mau jadi artis di langit? Yuk belajar baca quran !


4. Menjadi muslim terbaik 

Ingin menjadi manusia terbaik, yuk belajar Al Qur'an. Rasulullah mengabarkan bahwa orang yang belajar Al Qur'an adalah manusia terbaik. Termasuk juga orang yang mengajarkan Al Qur'an. Semoga dengan ikut belajar membaca al qur'an gratis ini termasuk ikhtiar menjadi muslim terbaik.


Makna dari hadits ini bukan hanya yang belajar dan mengajarkan baca Qur'an atau ilmu tajwid ya. Tapi juga yang belajar dan mengajarkan isi dari kandungan Al Qur'an. Belajar segala hal dari Al Qur'an yang Allah turunkan untuk menjadi panduan hidup di dunia. Dan juga memberi gambaran akan hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut hari akhir.


Jadi, belajar baca quran merupakan langkah awal untuk belajar quran. Tingkatan setelah bisa baca Al Qur'an adalah tadabur, memahami makna yang terkandung di dalamnya.


Semoga dengan ikut belajar membaca al qur'an gratis ini termasuk ikhtiar menjadi muslim terbaik.


5. Harus membaca quran dengan cara & suara orang arab 

Karena Al Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab, maka kita harus membacanya dalam bahasa Arab. Rasulullah mengatakan bahwa membaca Al Qur'an sesuai dengan cara orang Arab membaca al Qur'an.


Ikut belajar membaca al qur'an gratis secara tidak langsung belajar bahasa arab juga lho.


Hukum Belajar Baca Quran

Ada dua hukum yang perlu difahami tentang belajar baca quran. Hal ini yang masih belum banyak diketahui oleh umat Islam.


Pertama hukum fardhu 'ain, hukum yang harus dilakukan oleh setiap orang. Fardhu 'ain bagi setiap orang yang membaca Al Qur'an untuk menggunakan atau mengaplikasikan hukum tawjid. Jadi, baca quran sebagaimana ia diturunkan itu harus.


Nah, itu hukum dari membacanya. Lalu hukum yang kedua adalah fardhu kifayah. Ini hukum untuk belajar ilmu tentang cara membaca Al Qur'an yang benar ( ilmu tajwid ). Aktivitas yang harus ada yang melakukannya untuk mewakili yang lain supaya bacaan Al Qur'an senantiasa terjaga.


Dari dua hukum ini, yang harus diutamakan adalah yang fardhu 'ain, bukan yang fardhu kifayah (untuk zaman sekarang). InsyaAllah yang sudah tahu ilmu tajwid banyak, tapi yang belum bisa baca Al Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid terutama di Indonesia jumlahnya sangat banyak.


Sekarang lebih mudah untuk bisa baca Al Qur'an dengan bantuan ilmu tajwid. Cetakan Al Qur'an pun sudah dibuat untuk mempermudah pembacanya.


Lalu, bagaimana caranya bisa melaksanakan yang fardhu 'ain tanpa belajar teori tajwid?


InsyaAllah hal ini yang akan dilakukan di Fun Qur'an. Belajar baca Quran bertajwid tanpa perlu menghafal teori tawjid. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak fokus dan bersungguh-sungguh di program belajar membaca al qur'an gratis ini.


InsyaAllah bagi yang bersungguh-sungguh belajar dan meninggal di dalam proses belajarnya akan dikategorikan syahid.


Kenapa Belajar Quran Online?

Sekarang sudah punya alasan untuk belajar baca quran, dan sudah tahu juga hukumnya. Lalu bagaimana cara belajar quran-nya?


belajar membaca al quran gratis via online

Di zaman sekarang yang serba cepat, waktu terasa sebentar. Banyak aktivitas yang membuat orang pada sibuk. Banyak kendala yang dihadapai orang yang mau belajar baca quran secara offline atau tatap muka secara langsung. Tapi tetap, belajar quran harus menjadi salah satu prioritas.


Walaupun sibuk, berinteraksi dengan al Qur'an harus termasuk dalam kesibukan tersebut.


Kelebihan Belajar Quran Online

Dengan teknologi yang semakin maju, maka pembelajaran juga mendapat alternatif pelaksanaannya. Teknologi bisa membuat jalan pintas ruang. Yang tadinya harus berada di satu tempat yang sama, sekarang bisa dilakukan di mana saja.


Waktu yang diperlukan juga bisa disiasati dengan online. Materi yang disajikan online bisa diakses kapan pun dan juga bisa diulang sesuai dengan kebutuhan. Hal yang sebagian besar tidak bisa dilakukan untuk pembelajaran offline.


Inilah kenapa program belajar membaca al qur'an gratis ini dilakukan secara online.


Cara Belajar Program Membaca al Qur'an Gratis

Bagaimana cara belajar quran online di fun quran ?

Pembelajar dilakukan melalui media onine berupa whatsapp group dan website. Materi belajar quran online berbentuk teks dan juga tambahan video untuk mempermudah memahami materi.


Materi akan diberikan melalui whatsapp group dan tambahan atau artikel bisa diakses di website. Materi juga disesuaikan dengan kelas group.


Test Kemampuan Baca Quran 

Karena kemampuan baca quran setiap orang berbeda, maka kami menerapkan test kemampuan baca quran di awal. Test ini untuk menempatkan Anda di kelas yang sesuai dengan kebutuhan utama. Kelas yang menjadi prioritas untuk diikuti untuk mendapatkan materi secara bertahap.


Test kemampuan baca al quran gratis via online

Bagi yang belum hafal huruf, maka ditempatkan di kelas yang akan belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah. Dan bagi yang sudah bisa baca Al Qur'an tapi belum bisa mengaplikasikan hukum tajwid, maka akan dikelompokkan dengan yang sama. Jadi setiap orang akan belajar materi yang berbeda.


Ini merupakan salah satu ikhtiar untuk mempermudah belajar baca quran. Tidak semua orang harus belajar materi yang sama, karena bisa jadi bukan itu yang dibutuhkan.


Dan test ini sebagai salah satu cara untuk melihat kebutuhan yang utama untuk bisa lancar baca al qur'an.


Materi Belajar Membaca al Qur'an Gratis


Materi belajar quran online


Materi Berurutan

Seperti sudah disebutkan diatas bahwa akan ada test kemampuan baca quran. Hal ini karena materi kami susun berurutan mulai dari pengenalan huruf hijaiyah yang sudah berharakat. Bukan huruf hijaiyah satu-satu seperti alif, ba, ta, dan seterusnya. Karena kebutuhan akan pengenalan huruf hijaiyah seperti itu dalam membaca Al Qur'an sangat sedikit dan tidak urgen bagi sebagian besar yang belajar baca al quran.


Selanjutnya materi huruf yang dibaca panjang 2 harakat. Ini menjadi yang diutamakan karena jumlahnya dalam Al Qur'an sangat banyak. Baca dibaca tapi salah berarti akumulasi kesalahannya sudah pasti besar. Dengan belajar huruf yang panjang terlebih dahulu, ini sebagai salah satu jalan antisipasi dan meminimalisir jumlah salah ketika baca.


Kemudian materi sukun dan tasydid. Di materi ini mulai diperkenalkan shortcut atau jalan pintas untuk menerapkan hukum-hukum tajwid. Belajar cara bacanya, bukan belajar teorinya. Hanya dengan faham simbol sukun dan tasydid, maka bisa membaca beberapa hukum tajwid yang diwakilinya.


Terakhir materi yang banyak dihafalkan oleh umat islam, tapi belum bisa mengaplikasikan atau menggunakannya dalam tilawah. Hukum nun mati dan tanwin, hukum mim mati dan yang lainnya. Ingat, di fun quran fokus ke cara baca, bukan ke teorinya.


Jadi nanti yang lebih banyak dibahas adalah tanda yang mewakilinya dan cara baca hukum tajwid tersebut. Diminimalisir pembahasan teorinya. Satu karena bisa jadi sudah banyak yang tahu, yang kedua untuk mempercepat proses bisa belajar baca quran.


Seperti yang disebutkan diatas tentang hukum fardhu 'ain dan fardhu kifayah. Di fun quran fokus untuk mengerjakan yang fardhu 'ain terlebih dahulu, Kalau sudah bisa baca lancar ( cepat dan bertajwid ), baru belajar tentang teorinya. Tentunya bagi yang mau mengejar keutamaan lainnya.


Belajar Materi Sesuai Kebutuhan

Peserta belajar membaca al qur'an gratis yang belum mengenal huruf hijaiyah, maka belum saatnya untuk belajar materi tajwid. Dan begitupun sebaliknya, yang sudah bisa membaca maka ia akan belajar materi lainnya.


Materi Panduan Online 

Materi belajar membaca al qur'an gratis via online akan disimpan di website yang bisa diakses kapanpun dan dimana pun. Bisa diulang sesuai dengan kebutuhan.


Soal Latihan Online 

Kami sediakan soal latihan online untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan yang diperoleh. Ini sebagai evaluasi untuk perbaikan kedepannya. Ini akan mempermudah peserta belajar membaca al qur'an gratis karena akan diberi tahu materi apa saja yang perlu dipelajari selanjutnya.


Dipandu Melalui WAG

Peserta akan dimasukkan ke group whatsapp untuk memudahkan pemberian materi dan informasi seputar pembelajaran online.

Group whatsapp dibedakan sesuai dengan materi yang diberikan. 


Pembagian Kelas Kelajar Membaca al Qur'an Gratis


kelas belajar quran online

Pembagian kelas dilakukan setelah melakukan proses test kemampuan baca. Akan 4 kelas dengan materi besar sebagai berikut : 

1. Kelas pengenalan huruf dan huruf berharakat

2. Kelas mad 2 harakat dan tanwin

3. Kelas sukun dan tasydid

4. Kelas tajwid simbil


Cara Membaca al Quran Sesuai Tajwid 

Yang akan didapatkan di belajar membaca al qur'an gratis adalah cara membaca Al Qur'an sesuai tajwid mulai dari pengenalan huruf sampai dengan aplikasi hukum tajwid. Yang membedakan program ini dengan program lainnya adalah di aplikasinya. Program ini menitik beratkan di implementasi cara baca. Bagaimana bisa lebih cepat bisa lancar baca, baru belajar teorinya.


Hal ini mungkin masih baru di kalangan muslim Indonesia. Karena belajar baca quran yang umum biasanya belajar teori tajwid dulu, baru menerapkannya ketika tilawah. Nah, sekarang kami balikkan prosesnya.


Bagaimana cara membalikkan proses belajar baca quran yang umum tadi?


Kami menggunakan hasil dari ilmu tajwid. Hasil yang dibuat oleh para ulama supaya umat bisa lebih mudah baca. Kami menyebutkan dengan tajwid simbol.


Dengan cara seperti ini maka peserta bisa lebih fokus ke cara baca, dan sedikit hafalan. Ini sangat membantu terutama untuk peserta yang sudah tua atau sibuk karena akan mengurangi materi yang harus dihafal.


Peserta Belajar Membaca al Qur'an Gratis 

Peserta via online efektif di usia 8 tahun ke atas. Peserta yang sudah bisa belajar sendiri tanpa perlu pendampingan khusus akan lebih mudah. Kalaupun tidak, maka bisa belajar bersama dengan saudara atau orangtuanya sekaligus.


Belajar mudah dan cepat membaca al quran


Bagi yang sudah bisa membaca huruf latin akan lebih cepat faham karena belajar membaca al qur'an gratis ini mirip seperti belajar membaca latin.


Program ini bisa menjadi alternatif terbaik belajar baca al qur'an untuk orang tua. Karena belajar membaca al qur'an gratis ini minim dengan hafalan teori tajwid.


Setiap peserta belajar membaca al qur'an gratis akan mendapat 4 materi sesuai dengan kelasnya.


Daftar Belajar Membaca Al Qur'an Gratis

Untuk mendaftar program, silahkan untuk mengirim pesan melalui whatsapp ke no 0821 3313 3203 atau klik link daftar belajar baca quran online di bawah ini


LihatTutupKomentar