Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid

Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid

Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid sangat lah besar karena ia merupakan ilmu yang sangat mulia. Ilmu yang berhubungan langsung dengan Allah ..

Konten [Tampil]

Fadhilah Keutamaan Mempelajari 

Ilmu Tajwid

Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid sangat lah besar karena ia merupakan ilmu yang sangat mulia. Ilmu yang berhubungan langsung dengan Allah yang merupakan firman Allah swt.


Sama dengan para penghafal Al Qur'an, orang yang mempelajari ilmu tajwid juga termasuk orang yang menjaga Al Qur'an. Kalau para hafizh menjaga Al Qur'an dari isinya, maka ulama tajwid menjaga Al Qur'an dari cara membacanya. Kedua golongan ini termasuk jalan atau wasilah bagaimana Allah menjaga orisinalitas (keaslian) Al Qur'an.


keutamaan belajar ilmu tajwid
Keutamaan Belajar Ilmu Tajwid

Untuk membuat kita lebih semangat belajar tajwid lengkap, mari kita simak dalil tentang keutamaan belajar tajwid.


Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid

Seperti telah disebutkan diatas bahwa orang yang belajar tajwid itu mempunyai keutamaan mirip seperti orang yang menghafal Al Qur'an dari segi penjagaannya. Berikut ini dalil tentang keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.


1. Menjadi salah satu ukuran kualitas seorang muslim

fadhilah keutamaan mempelajari ilmu tajwid
Keutamaan mempelajari ilmu tajwid

Dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan bahwa orang yang mempelajari Al Qur'an itu termasuk orang yang terbaik. Bahkan dalam hadist itu disebut dengan sebaik-baiknya manusia. Ternyata, bukan hanya yang belajar yang disebut manusia terbaik. Tapi juga orang yang mengajarkan Al Qur'an.


Dari hadits ini kita mendapat berita yang sangat istimewa. Ini bisa menjadi salah satu jalan kita untuk menjadi orang yang terbaik. Terbaik menurut pandangan Allah dan Rosul-Nya.


Jadi, cara mudah untuk menjadi manusia terbaik adalah dengan belajar dan mengajarkan Al Qur'an. Oiya, belajar tentang Al Qur'an dan mengajarkannya itu banyak ya. Yang disebut belajar Al Qur'an itu bukan hanya belajar membacanya tapi juga yang lain. 


Tahapan belajar Al Qur'an itu minimal ada 3, yaitu :

a. Belajar membacanya sehingga bisa lancar dan tanpa dieja.

b. Belajar untuk membaguskan bacaan Al Qur'an dengan menerapkan ilmu tajwid.

c. Dan yang ketiga adalah menghafalkan atau tahfizh Al Qur'an


Itu kalau dari belajar tentang Al Qur'an, sampai sini sudah mulai terbuka ya pikiran tentang belajar. Nah sekarang dari sisi mengajar Al Qur'an. Alhamdulillah saat ini sudah banyak metode mengajar al Qur'an yang mempurmudah umat untuk bisa lebih cepat bisa. Tidak seperti tahun 90-an yang hanya ada 1 atau 2 metode saja.

Mengajar Al Qur'an juga banyak ya, tidak hanya mengajarkan cara membacanya saja. Beberapa yang diajarkan tentang Al Qur'an seperti :

a. ilmu tajwid

b. ilmu al quran dan tafsir

b. ilmu gharib al quran, dll


2. Merupakan aktivitas atau kesibukan terbaik

Keutamaan Orang yang Disibukkan Alquran
Keutamaan orang yang disibukkan Al Qur'an

Dalam hadits Qudsi di atas, Allah menyampaikan bahwa orang yang disibukkan oleh Al Qur'an dengan tujuan untuk berdzikir dan meminta kepada Allah. Maka Allah akan memberikan sesuatu yang lebih utama. Bahkan lebih dari apa yang telah Allah berikan kepada yang sudah meminta. Jadi, kalau ingin mencari kesibukkan, sibukkanlah diri Anda dengan Al Qur'an.

Dan Allah juga menyebutkan keutamaan Al Qur'an itu lebih utama dari seluruh kalam selain-Nya. Sampai-sampai Allah membandingkan keutamaan Al Qur'an dengan selainnya ini seperti keutamaan Allah atas makhluk ciptaan-Nya.


Kalau sekarang sudah tahu Al Qur'an itu lebih utama dibanding bacaan lainnya, jadi jangan sampai kalau dengan bacaan yang lain. Yuk kita istiqomahkan membaca Al Qur'an. Semoga ia menjadi penolong kita di alam kubur nanti.


3. Mendapat ketenangan, rahmat, dan juga mejadi orang terkenal

Turunnya rahmat dan sakinah saat membaca alquran
Turunnya rahmat dan sakinah saat membaca alquran

Siapa yang yang tidak mau mendapat ketenangan. Dengan ketengangan, manusia bisa menikmati setiap waktu yang ia lalui. Harta dunia tidak akan terasa nikmat kalau tidak mendapat ketenangan. Ketenangan merupakan salah satu nikmat besar yang Allah berikan. 

Tenang ketika mendapat musibah, tenang ketika menghadapi ujian, tenang ketika mendapat fitnah dari orang lain. Dan ketengangan ini Allah berikan salah satunya melalui tilawah Al Qur'an.


Selain ketenangan, Allah pun memberikan rahmat yang memiliki arti kelembutan dan kasih sayang. Kelembutan yang membuat seseorang berbuat baik kepada yang lain, terutama yang disayanginya.Bayangkan, dengan membaca Al Qur'an, Allah akan berbuat baik kepada yang membacanya. Subhanallah ....

Dan terakhir, Fadhilah Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid adalah menjadi orang yang terkenal di langit. Ya, menjadi selebritis di kalangan penduduk langit. Nama orang tersebut akan disebut-sebut oleh Allah dihadapan makhluk-Nya.


Disebut-sebut atau dikenal khusus oleh orang yang terkenal pasti akan memiliki rasa bangga tersendiri. Dan ini disebut langsung oleh Allah, pencipta seluruh makhluk. Keutamaan yang sangat luar biasa. Semoga kita termasuk didalamnya. Aamiin


Inilah sebagian dari keutamaan tajwid al quran. Semoga setelah membaca keutamaan ilmu tajwid ini menjadi jalan Allah memberikan kita kenikmatan untuk senantiasa berinteraksi dengan Al Qur'an.


Untuk mengikat pemahaman, coba jelaskan keutamaan mempelajari ilmu tajwid? Silahkan tulisa jawabannya di kolom komentar


Dapatkan materi belajar tajwid online gratis di blog ini.

Baca juga :

1. Cara membaca lafadz Allah

2. Hukum nun mati dan tanwin

3. Hukum mim mati

4. Ebook tajwid gratis

LihatTutupKomentar