Jumlah Huruf Hijaiyah ada Berapa ? 28,29 atau 30

Jumlah Huruf Hijaiyah ada Berapa ? 28,29 atau 30

Ketika belajar membaca Al Qur'an, umumnya yang pertama dipelajari adalah mengenal huruf hijaiyah. Di artikel ini akan dibahas jumlah huruf hijaiyah

Konten [Tampil]

 Jumlah Huruf Hijaiyah

jumlah huruf hijaiyah


Ketika belajar membaca Al Qur'an, umumnya yang pertama dipelajari adalah mengenal huruf hijaiyah. Di artikel ini akan dibahas jumlah huruf hijaiyah atau biasa disebut juga huruf alif ba ta untuk mempermudah pengenalan kepada anak-anak.

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf al Quran yang biasanya dimulai dari huruf alif sampai huruf ya (Mursal Aziz dan Zikkipli Nasution dalam buku Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an). 

Kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia, huruf hijaiyah adalah sistem aksara Arab; abjad Arab. Dan ada juga yang menyebut kalau huruf hijaiyah adalah asal kata dari alfabet [1] alif, ba, ta.

Huruf Hijaiyah Lengkap

Sekarang mari kita bahasa tulisan huruf hijaiyah satu persatu yang disertai penulisan huruf hijaiyah latin [2] untuk mempermudah pengucapan.

Huruf hijaiyah jumlahnya ada perbedaan pendapat, ada yang berpendapat huruf hijaiyah ada 28, 29 dan 30 huruf. Perbedaan huruf hijaiyah ini karena ada yang menghitung huruf hamzah dan alif lam, dan ada juga yang tidak menghitung salah satunya.

Huruf hijaiyah ada 28 huruf tunggal dan huruf hamzah dan alif lam tidak dihitung. Huruf hijayah ada 29 kalau huruf alif lam atau hamzah dihitung. 

Berikut ini huruf hijaiyah berdasarkan urutan huruf hijaiyah dengan cara membacanya menggunakan harakat fathah (baris a) serta transliterasinya dalam huruf latin.
1. Alif 
huruf hijaiyah alif
2. Ba = b
huruf hijaiyah ba

3. Ta = t
huruf hijaiyah ta

4. Tsa = s
huruf hijaiyah tsa

5. Ja = j
huruf hijaiyah ja

6. Ha = h
huruf hijaiyah ha

7. Kho = kh
huruf hijaiyah kho

8. Da = d
huruf hijaiyah da

9. Dza = z
huruf hijaiyah dza

10. Ro = r
huruf hijaiyah ro

11. Za = z
huruf hijaiyah za

12. Sa = s
huruf hijaiyah sa

13. Sya = sy
huruf hijaiyah sya

14. Sho = s
huruf hijaiyah sho

15. Dho = d
huruf hijaiyah dho

16. Tho = t
huruf hijaiyah tho

17. Zho = z
huruf hijaiyah zho

18. 'A = '
huruf hijaiyah ain

19. Gho = g
huruf hijaiyah gho

20. Fa = f
huruf hijaiyah fa

21. Qo = q
huruf hijaiyah qaf

22. Ka = k
huruf hijaiyah kaf

23. La = l
huruf hijaiyah lam

24. Ma = m
huruf hijaiyah mim
25. Na = n
huruf hijaiyah nun

26. Ha = h
huruf hijaiyah ha

27. Wa = w
huruf hijaiyah wawu

 
28. Ya = y
huruf hijaiyah ya

29. La 
huruf hijaiyah lam alif

30. Hamzah = a


Itu tadi jumlah huruf hijaiyah beserta penjelasannya. Untuk menyempurnakan pengucapan, silahkan pelajari materi makhorijul huruf dan sifatul huruf.



[1] Alfabet adalah serangkaian huruf atau simbol yang digunakan dalam suatu sistem tulisan untuk mewakili bunyi-bunyi atau suara-saura bahasa tertentu.
[2] Alfabet Latin adalah sistem penulisan yang paling umum digunakan di dunia saat ini. Alfabet ini terdiri dari 26 huruf yang digunakan untuk menulis banyak bahasa di seluruh dunia, termasuk bahasa Inggris. Alfabet Latin juga digunakan dalam penulisan bahasa-bahasa Eropa dan banyak bahasa internasional lainnya. Berikut adalah daftar alfabet Latin beserta huruf-hurufnya: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
LihatTutupKomentar