Hukum Mim Mati Beserta Contohnya - Pintar Baca Qur'an

Hukum Mim Mati Beserta Contohnya - Pintar Baca Qur'an

Pelajari Hukum Mim Mati Beserta Contohnya disini. Hukum mim mati dibagi menjadi 3, yaitu : ikhfa syafawi, idzhar syafawi, dan idgham mitslain. Perbeda

Konten [Tampil]

Sekarang kita belajar tentang hukum mim mati beserta contohnya supaya lebih jelas dan mudah. Hukum nun mati dan tanwin terbagi menjadi 4, yaitu ikhfa, idzhar, idgham, dan iqlab. Nah, kalau hukum mim mati ada berapa ?


Hukum mim mati
Hukum mim mati


Hukum Mim Mati Beserta Contohnya

Kalau ada mim mati (mim sakinah), maka hukum bacaannya terbagi menjadi 3, yaitu ikhfa syafawi, izhar syafawi, dan idgham mitslain. Apa saya perbedaannya ? Yuk kita bahas satu persatu !

1. Ikhfa Syafawi

Disebut ikhfa syafawi apabila terdapat mim sukun bertemu dengan huruf ba. Cara membacanya, huruf mim dibaca samar atau tidak jelas. Sama seperti di hukum ikfha. Bedanya, kalau di ikhfa, yang menjadi patokan adalah nun mati atau tanwin. Nah, kalau disini yang menjadi patokan adalah mim mati. Dan cara pengucapannya disertai ghunnah, atau ditahan. 

Contoh ikhfa syafawi

Hukum mim mati beserta contohnya

Kalimat yang pertama dibaca Wamahum..biroorijiin. Ketika dengung hum, suaranya tidak jelas atau tidak m sempurna karena bibir sudah di huruf ba. Ini kenapa disebut ikhfa.

Kalimat yang kedua dibaca taqiikum..ba'sakum. Ini juga sama, ketika kum dibaca dengan dengung dan bibir sudah siap mengucapkan huruf ba.

2. Idgham Mitslain

Jika terdapat mim sukun bertemu dengan mim maka hukum bacaannya adalah idgham mitslain atau idgham mimi. Cara membaca hukum idgham mitslain sama seperti mim bertasydid yang disertai ghunnah, atau ditahan. Jadi dari segi bunyi, dia ngga berubah, tetap mim. Ingat ya, dibacanya dengan ghunnah.

Contoh idgham mimi

contoh idgham mitslain

Kalimat pertama dibaca mitslahum..ma'ahum. Dibaca dengan ghunnah atau ditahan dan tidak tergesa-gesa.

Kalimat kedua dibaca Ajrohum..marrotaini. Ini juga sama ya, hati-hati dibacanya dengan ghunnah. 

3. Idzhar Syafawi

Nah, kalau hukum idzhar syafawi berlaku ketika mim mati mati bertemu dengan huruf selain ikhfa syafawi dan idgham mitslain. Jadi hukum ini berlaku ketika mim bertemu selain mim dan ba.

Cara pengucapan idzhar syafawi, huruf mim harus dibaca jelas dan tanpa ghunnah. Apalagi ketika bertemu dengan huruf fa' dan wawu yang memiliki makhraj yang berdekatan atau sama.

Contoh bacaan izhar syafawi

contoh idzhar syafawi

Kalimat pertama dibaca Fii amwalihim haqqun. Ketika hum dibaca jelas m dan tanpa ghunnah.

Kalimat kedua dibaca Am ja'alu. Hati-hati, ketika menyebutkan am itu harus jelas. Dan biasanya banyak yang salah dalam pengucapakan kata ini karena disertai ghunnah. Seharusnya tanpa ghunnah atau tidak ditahan. Jadi dibaca langsung dan mengalir, tidak ada yang tertahan.


Ikuti terus blog Fun Qur'an untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca Al Qur'an.


Baca juga : 

1. Hukum nun mati dan tanwin

2. Tujuan belajar tajwid

3. Keutamaan bagi yang belajar tajwid

4. Dapatkan ebook belajar tajwid

LihatTutupKomentar