Huruf Idgham Mutaqaribain plus Pengertian dan Cara Membaca

Huruf Idgham Mutaqaribain plus Pengertian dan Cara Membaca

Ini adalah salah satu artikel belajar hukum tajwid dari hukum idgham yang terbagi menjadi beberapa hukum. Kita akan bahas huruf idgham mutaqaribaian

Konten [Tampil]

Huruf Idgham Mutaqaribain plus Pengertian dan Cara Membaca 

Huruf Idgham Mutaqaribain plus Pengertian dan Cara Membaca


Ini adalah salah satu artikel belajar hukum tajwid dari hukum idgham yang terbagi menjadi beberapa hukum. Kita akan bahas huruf idgham mutaqaribaian dan juga pengertiannya untuk memudahkan memahami hukum ini. Dan juga akan dijelaskan cara membaca yang disertai tips mudah untuk menguasai hukum tajwid.

Hukum ini dibagi berdasarkan tempat keluar huruf dan sifat-sifatnya. Untuk idgham mutajanisain dan idgham mutamatsilain akan dibahas di artikel terpisah.

Kalau pemmbagian berdasarkan ghunnah atau dengung, maka terbagi menjadi dua, yaitu idhgam bighunnah dan idgham bilaghunnah.

Pengertian Idgham Mutaqaribain

Dari segi bahasa, idgham artinya memasukkan (memasukkan huruf kedalam huruf yang didepannya). Dan secara istilah artinya adalah pengucapan dua huruf yang dijadikan satu, seperti huruf yang ditasydidkan.

Hukum idgham mutaqaribain adalah hukum tajwid yang terjadi karena pertemuan dua huruf yang makhraj dan sifatnya berdekatan. Tempat keluar hurufnya berdasarkan materi makhorijul huruf berdekatan.

Kedua huruf yang berdekatan makhraj dan sifat bertemu dimana huruf yang pertama dalam kondisi sukun atau mati. Dari segi penulisan ada yang menggunakan tanda tajwid sebagai alat bantu dalam mempermudah membaca. Tapi ada juga yang dari segi penulisan tanpa tanda tajwid.

Huruf Idgham Mutaqaribain

Huruf idgham mutaqaribain ada 4 yaitu : 
ل ـ ر
Huruf lam bertemu huruf ro
ق ـ ك
Huruf qof bertemu huruf kaf

Cara Membaca 

Cara membaca idgham mutaqaribain adalah huruf yang pertama dimasukkan atau dilebur ke huruf yang kedua. Dan dibaca tanpa ghunnah atau dengung yang berarti tanpa ditahan.

Untuk mempermudah memahamai, silahkan perhatikan bacaan idgham mutaqaribain di bawah ini : 

أَلَمْ نَخْلُقْكُمْ مِنْ مَاءٍ مَهِينٍ [77:20]

Di surat al Mursalat ayat 20 terdapat qof sukun yang bertemu kaf. Cara membacanya adalah langsung dimasukkan ke huruf kaf tanpa mengqalqalahkan qaf. Jadi sifat qalqalah sughra disini tidak berlaku. Bunyi ayat ini menjadi "Alam nakhlukkum mim maaim mahiin"

وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ [23:97]

Di surat Al Mukminun ayat 97 terdapat lam sukun bertemu ro. Cara membacanya huruf lam dimasukkan ke ro, bunyinya "Wa qurrobbi a'uudzubika min hamazaatisy syayaathiin"

بَلْ رَفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا [4:158]

Contoh selanjutnya di surat An Nisa ayat 158. Huruf lam sukun bertemu ro sehingga lam tidak dibaca karena dimasukkan ke huruf ro. Sehingga bunyinya "bar ro'fa'ahullah ilaihi wakaanallahu 'aziizzn hakiiman".

Tips Mudah Baca

Tips mudah menguasai tajwid untuk hukum idgham mutaqaribain adalah fokus ke huruf yang kedua. Untuk huruf yang pertama dianggap tidak ada sehingga sifatnya pun tidak ada. Seperti huruf qof yang bertemu kaf, sifat qalqalah dari qof tidak berlaku.

Dan hati-hati, cara bacanya tanpa ditahan atau ghunnah ya. Adapun jeda itu seperti membaca huruf yang ditasydidkan. 
LihatTutupKomentar