Tanda Waqaf dan Tanda Lainnya di al Quran

Tanda Waqaf dan Tanda Lainnya di al Quran

macam-macam tanda waqaf yang ada di Al Quran. Lalu bagaimana kita bisa menggunakan dan memanfaatkannya dalam membaca Al Quran

Konten [Tampil]
Hari ini kita akan membicarakan tentang macam-macam tanda waqaf yang ada di Al Quran. Lalu bagaimana kita bisa menggunakan dan memanfaatkannya dalam membaca Al Quran.

Tanda Waqaf dalam Al Qur'an

Tanda waqaf di alquran




1. Mim

Kita akan mulai dengan tanda waqaf yang pertama, dan itu adalah tanda waqaf yang terlihat seperti huruf mim. Simbol ini artinya Anda harus berhenti pada saat membacanya. Jika tidak, arti atau makna yang dibaca bisa berbeda.


tanda waqaf mim dalam al quran
Tanda waqaf mim



Jadi, dalam contoh ini Anda harus berhenti di simbol waqaf mim, dan cara membacanya :

2. Laa atau Laf Alif

Selanjutnya adalah simbol la alif yang berarti kita tidak boleh berhenti. Simbol lam alif hampir sama dengan tanda waqaf mim yang berarti Anda tidak bisa berhenti. 

Hanya untuk tanda waqaf ini, kalaupun anda berhenti karena habis nafas. Maka Anda harus mengulang bacaan beberapa kata sebelum tanda waqafnya. 

Seperti dalam contoh ini : 
tanda waqaf laa dalam alquran

Anda tidak boleh berhenti di simbol ini, atau memulai setelah simbol waqaf ini. Kalaupun berhenti karena habis nafas atau terpaksa, maka Anda mundur beberapa kata untuk memulai kembali bacaan.

3. Titik Tiga


Tanda waqaf yang ketiga adalah titik tiga. Ini berarti Anda tidak bisa berhenti dikedua tanda tersebut. Anda harus berhenti di salah satu tanda titik tiga. Bisa di simbol titik tiga yang pertama, yang kedua.

Contohnya dalam surat Al Baqarah ayat 2 ini,
Tanda waqaf titik tiga dalam alquran


Anda diperbolehkan untuk berhenti di simbol titik tiga yang pertama di kata royba, kemudian melanjutkan bacaan di kata fiihi. Atau berhenti di simbol titik tiga yang kedua, di kata fiihi. Dan meneruskan bacaan di kata huda, setelah simbol titik tiga. 

Tidak boleh berhenti di kedua-duanya.

4. Shad Lam Ya

Selanjutnya adalah tanda waqaf yang terlihat seperti kata SIL. Ini berarti Anda lebih baik melanjutkan membaca (washal). Karena pada dasarnya dibandingkan dengan 70% melanjutkan bacaan, dan 30% berhenti. Dan itu berarti lebih utama tetaplah membaca. 

Seperti pada contoh:
Tanda waqaf shad lam ya dalam alquran

5. Waqaf Aula

Selanjutnya ialah tanda waqaf qaf lam ya, kebalikannya simbol shad lam ya. Kalau ini lebih utama waqaf, jadi 70% untuk berhenti dan 30% untuk washal. 

Seperti dalam contoh :
Tanda waqaf qaf lam ya dalam alquran


Jadi lebih utama berhenti di simbol ini.

6. Jim

Selanjutnya adalah jim atau juga waqaf jaiz. Tanda jim memberi Anda 50 50, persentasenya sama baik untuk berhenti atau melanjutkan bacaan. 

Seperti pada contoh:
Tanda waqaf jim dalam alquran


7. Kubah

Sekarang mari kita bicara enam yang lainnya. Yang pertama adalah tanda kubah yang berarti sujud. Total di Al Qur'an ada 15, dan setiap kali Anda melihatnya, setelah Anda membaca ayat Anda harus melakukan sujud.
Tanda kubah dalam alquran


8. Mim 

Selanjutnya tanda ini seperti huruf  mim, terlihat sedikit berbeda dari mim yang sebelumnya di tanwa waqaf yang pertama. Pastikan Anda bisa membedakannya karena ini dua hal yang berbeda.

Tanda mim ini muncul di tengah kata. Jadi ketika ada mim kecil di atas, maka cara bacanya dibaca mim.

Seperti dalam contoh ini:
Tanda mim kecil di alquran

Pada ayat ini ada tanda mim kecil, dan cara bacanya "lanas fa'am binnaa shiyah"

9. Alif

Berikutnya tanda yang terlihat seperti alif, itu sebenarnya adalah alif. Simbol ini ditemukan banyak di Al Qur’an. Tanda ini artinya Anda membacanya dengan panjang 2 harakat karena ada simbol fathah bertemu alif.

Contohnya seperti ini :
Tanda alif kecil di alquran

Ada alif kecil di kata 'insana', dan cara bacanya huruf nun dibaca panjang 2 harakat. Jadi ini semua berarti bahwa ada huruf alif tepat di sana.

10. Sin Kecil

Berikutnya sin kecil berarti sedikit jeda. Tidak berarti Anda harus berhenti dan tarik napas, tidak. Itu berarti Anda akan berhenti sebentar sekitar dua ketukan, kemudian meneruskan bacaan. 
tanda sin kecil di alquran

Dan contoh ini menunjukkan apa yang saya bicarakan, dan Anda harus membacanya seperti berikut.
Jadi, jeda yang sangat singkat.

11. Mad

Selanjutnya adalah simbol mad. Tanda ini sangat umum di Qur’an. Ini artinya bahwa Anda perlu memperpanjang pengucapan alif sedikit lebih lama dari biasanya.
Tanda mad di alQuran
Diatas huruf la ada tanda mad yang artinya dibaca lebih panjang dari biasanya. Untuk contoh di surat Al Muthaffifiin ini ada beberapa pilihan panjang bacaan. Untuk lengkapnya dibahas di materi mad.

12. Tanda Juz

Tanda terakhir yang akan kita bicarakan hari ini adalah tanda akhir seperempat bab atau juz.Setiap juz dibagi menjadi empat bagian, dan di akhir setiap bagian Anda akan melihat tanda ini. 

Adanya ini tidak merubah apa pun dari cara pengucapan, dan itu tidak mempengaruhi apa pun dari apa yang Anda baca.Apa pun itu hanya untuk pembagian Quran.

Jadi ini adalah 12 tanda yang akan Anda lihat di Al Quran.

Tanda Waqaf dalam Cetakan Lain

Dalam cetakan Al Qur’an yang lain, Anda akan menemukan tanda waqaf berikut ini :

1. Tha atau waqaf mutlaq, ini sama seperti tanda mim di no. 1. Ini berati harus berhenti.

2. Kaf Fa atau waqaf mustahab, ini seperti simbol waqaf no. 5. Simbol ini lebih baik berhenti.

3. Zay atau tanda waqaf mujawwaz, ini seperti simbol waqaf no. 4. Boleh berhenti, tapi meneruskan bacaan lebih utama atau lebih baik.

4. Shad yang berarti lebih utama untuk melanjutkan bacaan.

5. Qaf yang meneruskan bacaan lebih baik. Tapi tidak apa-apa kalau berhenti.

6. Sin Kaf Ta Ha atau saktah, ini sama seperti simbol sin kecil no. 10.

Demikian tadi tanda-tanda waqaf atau tanda berhenti, dan juga simbol lainnya yang ada di Al Qur’an.
Cara mudah untuk mempelajari simbol ini adalah dengan  lebih sering membaca Al Qur'an, karena praktek akan membuat sempurna.

macam-macam tanda waqof di alquran


Tanda waqaf ini merupakan salah satu manfaat yang bisa kita gunakan dari hukum tajwid. Walaupun kita belum bisa atau belum faham bahasa Arab, kita bisa lebih mudah untuk berhenti tanpa merubah makna. 

Cara termudah untuk menerapkan tajwid adalah dengan memperhatikan tanda atau simbol yang ada di Al Qur'an. Ini tidak hanya berlaku untuk tanda waqaf saja, tapi juga untuk hukum-hukum tajwid yang lainnya.

Dapatkan cara mudah untuk membaca Al Qur'an di pesantren jenius.

Semoga artikel bisa membantu Anda membaca dan menggunakan tanda-tanda yang ada di Al Qur’an.
Silahkan bagikan artikel ini, sehingga bisa memberi banyak manfaat untuk yang lian.

Baca juga :
LihatTutupKomentar