Waqaf Lazim : Arti, Contoh dan Tandanya di Al Quran

Waqaf Lazim : Arti, Contoh dan Tandanya di Al Quran

Belajar bersama tentang salah tanda waqaf dalam al Qur'an yang ada di hukum tajwid yaitu waqaf lazim. Disertai contoh dan tanda waqaf lazim di alquran

Konten [Tampil]

 Arti Waqaf Lazim Beserta Contoh dan Tandanya di Al Qur'an


arti waqaf lazim dan contohnya

Di artikel ini kita belajar bersama tentang salah tanda waqaf dalam al Qur'an yang ada di hukum tajwid yaitu waqaf lazim. Untuk mempermudah pemahaman akan waqaf ini, kita juga akan membahas contoh dan juga tanda yang akan mempermudah kita mengenali waqaf lazim.

Waqaf Lazim

Hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian waqaf lazim. Apakah yang dimaksud dengan waqaf lazim? Waqaf lazim artinya harus berhenti (secara bahasa). Hal ini berasal dari waqaf yang artinya berhenti dan lazim yang artinya harus.

Dan secara istilah arti waqaf lazim adalah harus menghentikan bacaan di kata yang terdapat tanda waqaf lazim.

Jadi cara membaca waqaf lazim adalah menghentikan bacaan ketika menemukan tanda waqaf, dan meneruskan bacaan setelah tanda tersebut tanpa mengulang atau mundur sedikit seperti di tanda lam alif.

Tanda waqaf lazim

Waqaf lazim ditandai dengan huruf mim kecil. Jadi tanda waqaf lazim adalah huruf mim kecil yang berada di atas kata tertentu.

Apabila menemukan tanda waqaf lazim maka kita harus menghentikan bacaan. Untuk menghentikan bacaan perlu diperhatikan juga tentang hukum mad lainnya seperti hukum mad iwadh ketika berhenti di kata yang berharakat fathantain atau "an".

Contoh waqaf lazim

Supaya lebih terbayang, mari kita lihat contoh waqaf lazim dalam Al Qur'an. Contohnya di surat Al Baqarah ayat 26.

Contoh waqaf lazim

Perhatikan tanda di atas kata "matsalan". Di kata tersebut terdapat tanda mim kecil yang menunjukkan waqaf lazim. Cara membacanya adalah menghentikan bacaan di kata "matsalan" yang dibaca matsalaa. Huruf la dibaca 2 harakat karena bertanda fathatain. 

Kemudian melanjutkan bacaan di kata "yudhillu bihii" dan seterusnya.

FAQ :

1. Tanda waqaf lazim artinya kita harus menghentikan bacaan Al Qur'an dan meneruskan kembali setelah tanda waqafnya. ( jawaban yang sama dengan pertanyaan cara membaca waqaf lazim?)

2. Waqaf lazim tandanya adalah huruf mim kecil yang berada di atas kata atau kalimat.

3. Apabila menemukan tanda waqaf lazim maka yang harus dilakukan adalah menghentikan bacaan atau menghentikan tilawah

4. Mengapa waqaf lazim berhenti di akhir kalimat sempurna? Untuk menghindari kalimat yang ambigu atau bermakna ganda. Dan waqaf ini digunakan untuk menentukan atau menujukkan makna yang seharusnya.

5. Tuliskan salah satu ayat yang mengandung tanda waqaf lazim? Surat al Baqarah ayat 26

6. Waqaf lazim menurut bahasa artinya harus berhenti.

7. Jelaskan perbedaan antara hukum bacaan waqaf lazim dengan saktah? Perbedaannya adalah dari nafas. Untuk waqaf lazim, maka kita menghentikan bacaan dan mengambil nafas untuk meneruskan bacaan. Sedangkan saktah menghentikan bacaan tanpa mengambil nafas ketika melanjutkan bacaan.


LihatTutupKomentar