Hukum Iqlab Lengkap : Pengertian, Contoh, dan Tips Mudah Baca

Hukum Iqlab Lengkap : Pengertian, Contoh, dan Tips Mudah Baca

Pengertian iqlab secara bahasa dan istilah, huruf iqlab, contoh dalam alquran, dan tips mudah menguasai iqlab. Termasuk hukum nun mati dan tanwin

Konten [Tampil]

 Hukum Iqlab

iqlab

Pengertian Iqlab

Hukum iqlab adalah salah satu hukum tajwid yang termasuk dalam kelompok hukum nun mati dan tanwin, bersama dengan ikhfa, idzhar, dan idghom.


Pengertian iqlab menurut bahasa artinya mengubah atau merubah sesuatu dari bentuk aslinya.Sedangkan menurut istilah, hukum iqlab artinya merubah pengucapan huruf nun mati atau tanwin menjadi mim dengan disertai ghunnah/ dengung (ditahan 2 harakat) ketika bertemu dengan huruf ba.


Cara membaca iqlab adalah mengganti atau merubah nun mati dan tanwin menjadi mim (m) dengan dengung. Sebagian ulama mengatakan dengungnya disertai ikhfa dimana suara mim tidak terdengar jelas karena bibir tidak tertutup rapat. Bibir terbuka sedikit sehingga memungkinkan udara masih bisa mengalir.

Imam al Jamzuri mengatakan,

"Hukum yang ketiga (dari hukum nun mati dan tanwin) adalah iqlab, yaitu apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan ba', maka berubah menjadi mim yang disertai ghunnah dan ikhfa."

Huruf Iqlab

Huruf iqlab ada satu,  yaitu huruf ba.Diantara hukum nun mati dan tanwin, iqlab memilki huruf yang paling sedikit. Hukum yang paling banyak hurufnya adalah hukum ikfha.

Contoh Iqlab

contoh iqlab
Contoh hukum iqlab


Berikut ini contoh bacaan iqlab dalam Al Quran  yang dibagi berdasarkan sebabnya yaitu nun mati atau tanwin.

Contoh hukum bacaan iqlab karena nun mati

فَأَنْبَتْنَا فِيهَا حَبًّا [80:27]
Fa ambatnaa fiihaa habbaa
Contoh di Al Qur'an surat 'Abasa ayat 27 terdapat nun mati bertemu ba' di kata "fa ambatnaa". Kata yang awalnya dibaca "fa anbatnaa" dibaca menjadi "fa ambatnaa".

يَخْرُجُ مِنْ بَيْنِ الصُّلْبِ وَالتَّرَائِبِ [86:7]
Yakhruju mim baynash shulbi wattarooib
Contoh kedua di surat At Thariq ayat 7, ada nun mati bertemu dengan ba. Di kata min bayna, cara bacanya nun mati dirubah menjadi huruf mim sehingga bunyinya menjadi "mim bayni"

Contoh karena tanwin

وَأَنْتَ حِلٌّ بِهَذَا الْبَلَدِ [90:2]
Wa anta hillum bihadzal balad
Contoh iqlab karena tanwin ada di surat Al Balad ayat 2. Fokus di kata "hillun" dimana terdapat tanwin dhammatain (baris un) bertemu huruf ba. Tanwin yang awalnya berbunyi "lun" dirubah menjadi "lum".

كَلَّا لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ [96:15]
Kalla laillam yantahi lanasfa'am bin naashiyah
Contoh selanjutnya di surat Al 'Alaq ayat 15 di kata "lanasfa'an" dimana terdapat tanwin bertemu ba. Awalnya berbunyi "'an" berubah menjadi "'am" --> lanasfa'am

Tips Mudah Baca Iqlab

Berikut ini tips mudah membaca hukum iqlab dari Fun Quran. Tips ini memudahkan pembaca al Qur'an yang lupa atau belum hafal istilah/ teori tajwid namun tetap bisa membacanya dengan benar (sesuai tuntunan tajwid).

Cara mudah untuk melihat hukum iqlab adalah dengan memperhatikan tanda mim kecil yang berada di atas nun mati atau baris a,i,u. 
iqlab

contoh iqlab


Note : berlaku untuk al Qur'an cetakan Madinah atau Timur Tengah

LihatTutupKomentar