Hukum Idgham Bilaghunnah Lengkap | Pengertian, Huruf, dan Contohnya di AlQuran

Hukum Idgham Bilaghunnah Lengkap | Pengertian, Huruf, dan Contohnya di AlQuran

Setelah membahas tentang hukum idgham bighunnah, sekarang kita akan membahas hukum idgham bilaghunnah mulai dari pengertian, huruf-hurufnya, dan tips

Konten [Tampil]

 Idgham Bilaghunnah

idgham bilaghunnah


Artikel ini akan membahas salah satu hukum tajwid yang berada di kelompok hukum nun mati dan tanwin. Setelah membahas tentang hukum idgham bighunnah, sekarang kita akan membahas hukum idgham bilaghunnah mulai dari pengertian, huruf-hurufnya, dan contohnya di Al Quran. 

Pengertian Idgham Bilaghunnah

Pengertian idgham secara bahasa adalah memasukkan, lalu apa pengertian idgham bilaghunnah?

Untuk mempermudah, mari kita artikan perkata. Di kata idgham bilaghunnah ada 3 kata, yaitu idgham, bila, dan ghunnah. Idgham artinya memasukkan, bila artinya tanpa atau tidak, dan ghunnah artinya dengung atau ditahan 2 harakat.

Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari idgham bilaghunnah adalah memasukkan huruf atau tanda baca yang tidak disertai degung atau ghunnah. 

Secara istilah, idgham bilaghunnah artinya memasukkan huruf nun mati atau tanwin apabila bertemu dengan huruf idgham bilaghunnah tanpa disertai dengan dengung (ghunnah).

Hukum idgham bilaghunnah suka disebut juga dengan hukum idgham ghair ghunnah

Huruf Idgham Bilaghunnah

Huruf idgam bilagunnah adalah lam dan ro. 

Contoh Idgham Bilaghunnah

Berikut ini contoh bacaan idgham bilaghunnah dan suratnya di Al Qur'an yang dibagi berdasarkan sebabnya yaitu nun mati dan tanwin.

Contoh karena nun mati

أَنْ رَآهُ اسْتَغْنَى [96:7]
Ar roaahus tagnaa
Contoh karena nun mati ada di surat Al 'Alaq ayat 7 ini terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf ro. Cara bacanya nun mati tersebut dimasukkan ke huruf ro. Jadi dibacanya bukan "an ro" tapi dibaca "ar ro"

أَيَحْسَبُ أَنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ [90:7]
Ayahsabu allam yarohuu ahad
Di surat Al Balad ayat 7 terdapat nun mati bertemu dengan huruf lam. Cara bacanya nun mati tersebut dimasukkan ke huruf lam, sehingga kata "an lam" dibaca menjadi "al lam".

Contoh karena tanwin

وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَيْطَانٍ رَجِيمٍ [81:25]
Wama huwa biqouli syaithonir rojiim
Contoh pertama karena tanwin ada di surat At Takwir ayat 25 terdapat tanwin (kasrahtain / baris in) bertemu dengan huruf ro. Cara bacanya tanwin dimasukkan ke huruf ro, sehingga kata "nin ro" dibaca menjadi "nir ro"

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ [104:1]
Waylul likulli humazatil lumazah
Di surat Al Humazah ayat 1 terdapat 2 tanwin bertemu dengan huruf lam. Yang pertama di kata "waylun" dibaca menjadi "waylul". Dan yang kedua di kata "humazatin" dibaca menjadi "humazatil". 

Ada pengecualian untuk hukum ini di Al Quran. Tepatnya di surat Al-Qiyamah ayat 27 dimana disana terdapat huruf nun sukun bertemu dengan ro. Ayat ini tidak boleh diidghamkan tetapi dibaca saktah.

Tips Mudah Baca Tajwid Fun Quran

Berikut ini tips mudah menguasai bacaan hukum idgham bilaghunnah. Tips ini hanya berlaku untuk al Qur'an cetakan Madinah atau timur tengah.

Untuk membaca hukum idgham bilaghunnah cukup fokus ke tanda tasydid. Jika menemui huruf nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf lam dan ro bertasydid, itu berarti dibacanya langsung dimasukkan dan tanpa dengung. Mirip seperti hukum tasydid biasa (kecuali mim dan nun bertasydid).

Semoga setelah membaca artikel ini bisa membantu dan mempermudah membaca al Quran ketika menemui bacaan idgham bilaghunnah

LihatTutupKomentar