Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi Lengkap | Pengertian Contoh dan Tips Baca

Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi Lengkap | Pengertian Contoh dan Tips Baca

Mari kita bahas hukum tajwid selanjutnya yang termasuk kelompok hukum nun mati dan tanwin yaitu hukum ikhfa atau biasa disebut juga hukum ikhfa haqiqi

Konten [Tampil]

 Hukum Tajwid Ikhfa Haqiqi

ikhfa haqiqi


Mari kita bahas hukum tajwid selanjutnya yang termasuk kelompok hukum nun mati dan tanwin yaitu hukum ikhfa atau biasa disebut juga dengan hukum ikhfa haqiqi.

Hukum ikhfa sudah tidak asing di telinga umat islam, namun yang masih menjadi PR atau kendala adalah penerapannya dalam membaca Al Qur'an. Di artikel ini akan dibahas lengkap mulai dari pengertian, huruf, contoh dan juga yang tidak kalah penting adalah tips mudah menguasai hukum ikhfa haqiqi ini.

Dengan tips mudah baca fun Qur'an, ini menjadi jalan pintas atau jalur cepat dalam menerapkan hukum tajwid walaupun secara teori belum hafal atau belum paham.

Pengertian Ikhfa Haqiqi

Pertama, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan hukum ini melalui pengertiannya. Secara bahasa ikhfa artinya menutupi atau menyamarkan. Dan secara istilah, pengertian ikhfa adalah pengucapan nun sakinah (nun mati) atau tanwin (an, in, un) yang dibaca samar ketika bertemu dengan huruf-huruf ikhfa haqiqi.

Arti ikhfa yang dimaksud samar disini adalah pengucapan diantara idzhar yang dibaca jelas dengan pengucapan idgham yang dimasukkan. Jadi cara baca nun dan tawninnya tidak dibaca jelas, dan tidak juga dimasukkan ke huruf yang ada didepannya.

Cara membaca ikhfa haqiqi itu berbeda antara huruf satu dengan huruf yang lainnya. Tidak semua bacaan ikhfa bunyinya "ng". Hal ini karena ketika ghunnah, lidah sudah berada di makhraj huruf ikhfa. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di contoh bacaan ikhfa haqiqi.

Huruf Ikhfa

Setelah mengetahui pengertian ikhfa adalah menyamarkan suara, sekarang kita bahas apa saja huruf ikhfa haqiqi. Huruf ikhfa ada 15 yaitu : 

huruf ikhfa
Cara menghafal huruf ikhfa bisa dibagi-bagi seperti : ta, tsa, ja -- da, dza, za -- sa, sya, sho, dho -- tho, dzho -- fa, ko, ka. 

Atau bisa juga dengan menghafal huruf-huruf selain ikhfa (^_^). Ya, huruf ikhfa adalah sisa dari huruf idzhar + huruf idgham + huruf iqlab. Kalau mau menghafal lebih sedikit, ada di point tips mudah baca fun Quran di bawah.

Contoh Ikhfa

Untuk menambah pemahaman, berikut ini contoh bacaan ikhfa haqiqi yang ada di Al Qur'an.

Contoh karena nun sukun:

contoh ikhfa
Min syarri maa kholaq
Contoh ikhfa di surat Al Falaq ayat 2, disini terdapat nun sukun bertemu huruf sya. Cara bacanya huruf nun sukun dibaca sama, dan ketika dengung, lidah sudah di makhraj huruf sya. Dengan cara seperti ini, maka bunyinya tidak jelas "ng", karena lidah sudah siap mengucapkan huruf sya.

contoh hukum ikhfa
Walaa antum 'aabiduuna maa a'bud
Di surat Al Kaafirun ayat 5 ada nun mati bertemu dengan huruf ikhfa ta. Cara bacanya ditahan 2 harakat (ghunnah) dan suaranya samar karena lidah sudah di makhraj ta ketika dengung.

contoh bacaan ikhfa
Selanjutnya di contoh ikhfa haqiqi karena nun sukun ada di surat Al Ma'un ayat 5. Nun sukun bertemu dengan huruf sha sehingga nun sukun dibaca samar dan ditahan 2 harakat.

Contoh karena tanwin : 
contoh ikhfa
Sayashlaa naaron dzata lahab
Contoh di surat Al Lahab ayat 3 berikut ini karena tanwin yang bertemu huruf ikhfa. Fokus di kata "naron" dimana terdapat tanwin yang bertemu dengan huruf dza yang termasuk huruf ikhfa. Cara bacanya tanwin dibaca samar dan ghunnah (ditahan 2 harakat). Sama sepeti contoh sebelumnya, semua dengung di hukum ikhfa dilakukan dengan posisi sudah di makhraj huruf ikhfa.

contoh ikhfa haqiqi
Yaumaidzin tuhaditsu akhbaa rohaa
Kalimat berikut ini di surat Al Zalzalah ayat 4 terdapat tanwin kasrahtain (baris in) bertemu dengan huruf ta. Cara bacanya tanwin di huruf dza dibaca samar dan dengung (ditahan 2 harakat).

contoh bacaan ikhfa
Wamay ya'mal mitsqoola dzarrotin syarroy yaroh
Contoh surat Al Zalzalah ayat 8 ini terdapat tanwin bertemu huruf sya. Cara bacanya tanwin dibaca samar dan ghunnah. Dan saat ghunnah, mulut sudah di makhra huruf ikhfa.

Itu tadi contoh bacaan ikhfa haqiqi di al Qur'an juz 30. Hukum ikhfa akan sangat sering ditemui ketika membaca al Qur'an. Dan untuk mempermudah menerapkan hukum ini, silahkan ikuti tips mudahnya di bawah ini.

Tips Mudah Baca Ikhfa

Tips mudah baca tajwid dari Fun Quran berikut ini untuk mempermudah mempraktekkan atau menerapkan hukum ikhfa haqiqi dalam tilawah.

Silahkan perhatikan sekali lagi contoh-contoh ikhfa yang ada di atas, dan sebutkan persamaannya!

Kalau diperhatikan, maka semua contoh tersebut memiliki kesamaan dalam penulisan nun sukun dan tanwinnya. Mungkin bagi yang belum terbiasa dengan al Qur'an cetakan Madinah akan sedikit bingung.

Al Qur'an cetakan Madinah mempermudah pembacanya dengan membedakan nun sukun dan tawnin dalam penulisannya. Dan untuk hukum ikhfa, nun sukun dan tanwin yang digunakan adalah versi 2 (bahasa penulis), yaitu :

Nun sukun dan tanwin versi 2

Penulisan nun sukun ditulis tanpa menggunakan simbol sukun. Hanya huruf nun saja. Dan tanwin an, in ditulis tidak sejajar. Sedangkan untuk dhammatain (baris un) ditulis seperti angka 99.

Dengan mengetahui ini, insyaAllah sudah menguasai hukum ikfha. Karena dengan simbol inilah ia ditulis.

Penulisan simbol nun sukun dan tanwin ini berbeda dengan penulisan hukum idzhar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel hukum izhar halqi dan contohnya.


Untuk mengikat ilmu tentang hukum ikhfa, coba jawab pertanyaan di bawah ini:

1. Apa saja huruf hukum ikhfa?

2. Berapa harakat bacaan ikhfa?

3. Berapa jumlah huruf ikhfa haqiqi?

4. Berapa panjang ikhfa?

5. Apa yang dimaksud dengan ikhfa haqiqi?

LihatTutupKomentar