Pengertian Hukum Alif Lam Qomariah, Contoh dan Tips Mudah Bacanya

Pengertian Hukum Alif Lam Qomariah, Contoh dan Tips Mudah Bacanya

Cara membaca alif lam qomariah yaitu alif lam-nya dibaca jelas dan tanpa ghunnah sebagaimana hukum idzhar halqi ketika bertemu dengan huruf-huruf

Konten [Tampil]

 Hukum Alif Lam Qomariah

hukum alif lam qamariah


Hukum alif lam berdasarkan cara bacanya terbagi menjadi dua yaitu alif lam syamsiah dan alif lam qomariah. Di artikel ini akan membahas hukum alif lam qomariah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya di artikel tentang hukum alif lam syamsiah atau idgham syamsi bahwa materi tentang alif lam akan bermanfaat bagi yang belajar bahasa Arab. Dan tentu saja sangat membantu umat Islam dalam membaca Al Qur'an dengan baik dan benar.

Hukum ini biasa disebut juga dengan hukum idzhar syamsi.

Pengertian Alif Lam Qomariah

Untuk memudahkan memahami hukum alif lam qomariah atau izhar syamsi, mari kita bahas dari perkatanya. Idzhar artinya jelas, dan qomariah artinya bulan. 

Alif lam qomariah adalah alif lam yang cara bacanya jelas dan tanpa ghunnah atau dengung. Hukum bacaan alif lam qomariah ini dibaca izhar sehingga alif lamnya dibaca jelas dan tidak ditahan (ghunnah).

Untuk mempermudah, penulis biasanya menganalogikan hukum ini seperti melihat bulan. Kita tidak bisa melihat bulan dengan jelas sebagaimana bisa melihat dan membaca alif lam qomariah. Alif lam-nya dibaca jelas karena terlihat (^_^).

Huruf Alif Lam Qomariah

Huruf alif lam qomariah atau idzhar qomari ada 14, yaitu :

huruf alif lam qomariah

Cara Membaca Alif Lam Qomariah

Cara membaca alif lam qomariah yaitu alif lam-nya dibaca jelas dan tanpa ghunnah sebagaimana hukum idzhar halqi ketika bertemu dengan huruf-huruf qomariah yang 14. Sehingga ketika membaca al Qur'an dan bertemu dengan hukum alif lam qomariah, bunyi alif lam-nya terdengar jelas.

Bacaan alif lam qomariah bisa ditemui di nama-nama Allah dalam asmaul husna atau di sebagian nama-nama surat di Al Quran.

Contoh Alif Lam Qomariah

Berikut ini contoh bacaan alif lam qomariah di asmaul husna.

Al Mu’min

الْمُؤْمِنُ

Yang Memiliki Mutlak sifat Memberi Keamanan


Al Muhaimin

الْمُهَيْمِنُ

Yang Memiliki Mutlak sifat Pemelihara


Al ‘Aziiz

الْعَزِيزُ

Yang Memiliki Mutlak Kegagahan


Al Jabbar

الْجَبَّارُ

Yang Memiliki Mutlak sifat Perkasa


Al Mutakabbir

الْمُتَكَبِّرُ

Yang Memiliki Mutlak sifat Megah,

Yang Memiliki Kebesaran

Contoh bacaan al syamsiyah di Al Qur'an :

Falya'buduu Robba hadzal bayt
Contoh pertama bacaan alif lam ada di surat Quroisy ayat 3. Di ayat ini terdapat alif lam bertemu dengan buruf ba yang termasuk huruf alif lam qomariah. Cara bacanya alif lam dibaca jelas dan tanpa ghunnah "hadzal bayt".

Innaa a'thoynakal kautsar
Contoh kedua di Al Qur'an surat Al Kautsar ayat 1. Terdapat alif lam bertemu dengan huruf kaf sehingga alif lam dibaca jelas dan tidak ditahan (tanpa ghunnah)

Innal insaana lafii khusr
Contoh idzhar qomari juga ada di surat Al 'Asr ayat 2. Di kata yang dilingkari terdapat alif lam yang bertemu dengan huruf hamzah yang termasuk huruf alif lam qomari. Sehingga alif lam dibaca jelas tanpa dengung. 

Naarullohil muuqodar
Di surat Al Humazah ayat 6 juga terdapat contoh dari alif lam qomari. Disini alif lam bertemu dengan huruf mim, sehingga dibaca jelas dan tanpa ghunnah.

Qulyaa ayyuhal kaafiruun
Contoh terakhir di surat Al Kaafirun ayat 1. Terdapat alif lam bertemu dengan huruf kaf, sama seperti di surat al Kautsar. Cara bacanya alif lam dibaca jelas tanpa ghunnah (tidak ditahan).

Tips Mudah Baca Tajwid


Tips mudah baca dari Fun Quran untuk hukum alif lam qomariah atau idzhar qomari adalah fokus ke huruf yang alif lam. Alif lam di hukum alif lam qomariah diberi tanda sukun.

Ketika ada alif lam yang bertanda sukun, maka alif lam tersebut dibaca jelas karena pengaruh tanda sukun. 

Walaupun tidak hafal huruf-huruf alim lam qomariah, tapi dengan mengikuti tips ini bisa membacanya dengan benar. 
Tips menguasai alif lam qomariah : Fokus ke huruf alif lam bersukun

Demikian materi tentang alif lam qomariah. Silahkan disebarkan supaya semakin banyak yang merasakan kemudahan ilmu dalam membaca al Qur'an. Terima kasih. Wassalamu'alaikum.
LihatTutupKomentar