Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil : Pengertian dan Contoh

Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil : Pengertian dan Contoh

membahas hukum bacaan madwajib muttasil disertai dengan contoh dan cara membacanya. Mad ini termasuk dalam kelompok mad far'i. Dipengaruhi oleh hamzah

Konten [Tampil]

Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil : Pengertian dan Contoh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Artikel ini akan membahas hukum bacaan madwajib muttasil disertai dengan contohnya. Mad ini termasuk dalam kelompok mad far'i.

Mad ini adalah salah satu mad yang dipengaruhi oleh hamzah. Sama seperti mad jaiz munfashil dan mad shilah thawilah.

Pengertian mad wajib muttasil

Hukum mad wajib muttasil yaitu apabila terdapat bacaan mad asli atau mad thobi'i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata. Cara membaca mad wajib muttasil yaitu dibaca panjang sebanyak empat atau lima harokat kalau washal dan dibaca 4,5, atau 6 harakat ketika waqaf (berhenti). 

Jadi apabila terdapat bacaan mad thobi'i bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kata maka dibaca panjang sebanyak empat atau lima harakat bacaan tersebut dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

Panjang bacaan mad wajib muttasil bersifat pilihan. Artinya Anda bisa memilih salah satu panjang harakat. Yang perlu diperhatikan adalah konsisten dalam membacanya. Kalau Anda memilih 5 harakat, maka sepanjang membaca Al Qur'an dan bertemu hukum mad wajib muttasil maka dibaca 5 harakat.

Contoh bacaan mad wajib muttasil

Contoh mad wajib muttasil yang pertama yaitu terdapat lafadz 

وَاَمٌَا السَّآ ئِلَ فَلَا تَنْهَر
Wa ammasaa ila falaa tanhar

Yaitu bertemunya bacaan mad thobi'i harokat fathah bertemu dengan alif, kemudian bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Maka bacaan ini dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

Cara mad wajib muttasil yaitu dibaca panjang sebanyak 4 atau 5 harokat. Dan kalau berhenti atau waqof panjangnya bisa 4,5 atau 6 harakat. Panduan panjang harakat bisa menggunakan jari atau menggunakan ketukan.

Cntoh mad wajib muttasil yang berikutnya yaitu terdapat lafadz 

 مَآءً غَدَقًا
Maa an ghodaqon

Yaitu bertemunya mad thobi'i fathah bertemu alif, kemudian bertemu dengan huruf hamzah. Mad thobi'i bertemu dengan hamzah dalam satu kata maka dinamakan bacaan mad wajib muttasil.

Cara membacanya yaitu wajib dibaca panjang sebanyak 4 atau 5 harokat (washal). 

Contoh yang berikutnya yaitu terdapat pada lafadz

وَمَا تَشَآ ءُ
Wamaa tasyaa u

Bertemunya mad thobi'i fathah bertemu alif, kemudian bertemu huruf hamzah dalam satu kata. Maka bacaan ini dinamakan bacaan mad wajib muttasil. Cara membacanya yaitu huruf sya dibaca panjang 4 atau harokat.

Itulah pengertian dan contoh bacaan mad wajib muttasil. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi kita semuanya. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
LihatTutupKomentar