Hukum Bacaan Mad Iwadh : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya

Hukum Bacaan Mad Iwadh : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya

Mengenal hukum bacaan mad iwad. Dibahas mulai dari pengertian, cara baca, dan contohnya. Hukum mad iwad yaitu mad yang terjadi apabila terdapat huruf

Konten [Tampil]

Mad Iwadh : Pengertian Cara Baca dan Contohnya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mari kita mengenal hukum bacaan mad iwad. Mad ini termasuk dalam kelompok mad asli bersama 4 mad lainnya yaitu mad thabi'i, mad badal, mad tamkin, dan mad shilah qashirah.

Karena termasuk mad asli, maka mad iwadh ini tidak dipengaruhi oleh hamzah atau sukun. Supaya lebih jelas, mari kita bahas lebih dalam.

Pengertian bacaan Mad iwad 

Hukum mad iwad yaitu mad yang terjadi apabila terdapat huruf yang dibaca fathah tanwin dan terletak di akhir ayat atau diwaqafkan. Cara membaca hukum mad iwadh adalah dibaca panjang sebanyak dua harokat.

Jadi mad iwadh ini letaknya bisa diakhir ayat, atau ditengah ayat karena waqaf.

Contoh bacaan mad iwad

Contoh mad iwadh yang pertama yaitu terdapat lafadz 

وَجَعَلنَانَوْمَكُمْ سُبَاتًا
waja'alna naumakum subhatan 

Bacaan mad iwad nya yaitu terdapat pada kata subatan. Pada contoh di atas yaitu terdapat huruf ta yang berharakat fathah tanwin. Apabila terdapat huruf yang berharakat fathah tanwin dan terletak di akhir ayat atau dibaca waqaf maka dinamakan bacaan mad iwad. 

Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak dua harokat. waja'alna naumakum subata. Misalnya kita menggunakan ketukan maka kita bisa menghitung sebanyak dua kali ketukan. 

Contoh yang selanjutnya yaitu terdapat lafadz 

وَخَعَلنَا الَّيْلِ لِبَاسًا
waja'alna laila libasa 

Bacaan mad iwadh-nya yaitu terdapat pada kata libasa. Pada contoh di sana terdapat tulisan huruf tsa yang berharakat fathah tanwin. Apabila ada huruf yang berharakat fathah tanwin dan terletak di akhir ayat atau dibaca waqaf diberhentikan, maka dinamakan bacaan mad 'iwadh. 

Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak dua harokat. Waja'alna laila libasaa. Atau bila menggunakan ketukan maka bisa dihitung sebanyak dua kali ketukan. 

Contoh mad iwadh yang selanjutnya yaitu terdapat di lafadz

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازً
 Inna lilmuttaqiina faazza

Bacaan Mad iwad nya yaitu terdapat pada lafadz mafaza. Pada contoh yang ada terdapat huruf za yang berharokat fathah tanwin. Apabila terdapat huruf yang berharakat fathah tanwin dan terletak di akhir ayat atau dibaca waqaf (diberhentikan), maka bacaan tersebut dinamakan bacaan mad 'iwadh. 

Cara membaca bacaan mad iwad yaitu dibaca panjang sebanyak dua harokat. Iinnalilmuttaqiina mafaaza. Untuk ukurannya kita bisa menggunakan ketukan, maka kita bisa menghitung sebanyak dua kali ketukan.

Itu tadi pengertian dan contoh bacaan mad iwad. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat bagi kita semuanya.Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
LihatTutupKomentar