Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah - Fun Quran

Alif Lam Syamsiah dan Alif Lam Qomariah - Fun Quran

Hukum bacaan alif lam terbagi menjadi 2 berdasarkan cara bacanya, yaitu syamsiah dan qomariah. Belajar materi ini akan sangat membantu dalam ...

Konten [Tampil]

 Hukum Alif Lam

hukum-alif-lam


Setelah belajar tentang hukum nun mati dan tanwin, juga hukum mim mati, sekarang kita lanjutkan dengan hukum alif lam. Hukum bacaan alif lam terbagi menjadi 2 berdasarkan cara bacanya, yaitu syamsiah dan qomariah.

Belajar materi ini akan sangat membantu dalam menentukan apakah ال dalam bacaan dibaca atau tidak. Ini bisa terjadi dalam bahasa Arab atau dalam membaca al Quran.

Mari kita mulai bahas lebih lanjut.

1. Alif Lam Syamsiah

Hukum yang pertama adalah syamsiah atau disebut juga dengan idgham syamsiah.Pengertian alif lam syamsiah adalah al yang tidak dibaca atau di-idghamkan ketika bertemu dengan huruf-huruf syamsiah. Inilah kenapa hukum ini disebut juga idgham syamsiah.

Cara membacanya,ال yang ada dimasukkan ke huruf berikutnya, atau huruf yang berada di depan sehingga kalau tidak melihat tulisannya, kita tidak tahu apakah disana ada huruf lam alif atau tidak.

Huruf Alif Lam Syamsiah

Huruf yang termasuk al syamsiah atau huruf idhgam syamsiah ada 14, yaitu : 

huruf idgham syamsiah

Contoh Alif Lam Syamsiah

Berikut contoh bacaan yang terdapat di al Quran juz 30 : 

وَالضُّحَى [93:1]
Surat Adh Dhuha ayat 1
Di surat ini terdapat al bertemu dengan huruf syamsiah dho. Cara bacanya, ال diidghamkan atau dimasukkan ke huruf yang didepannya yaitu huruf dho. Sehingga bunyinya menjadi "wadh dhuhaa", buka "wal dhuhaa".

وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا [91:1]
Surat Asy Syams ayat 1
Contoh kedua ini ada al bertemu huruf syin yang termasuk huruf syamsiah. Cara bacanya ال dimasukkan ke huruf yang didepannya yaitu huruf syin. Bunyi bacaannya menjadi "wasy syamsi", bukan "wal syamsi".

2. Alif Lam Qomariah

Hukum yang kedua yaitu qomariah. Cara bacanya kebalikan dari al syamsiah dimana ال dibaca jelas ketika bertemu huruf-huruf qomariah. Ini juga kenapa hukum alif lam qomariah disebut idzhar qomariah.

Berbeda ketika huruf syamsiah tidak terdengar bunyi "al", di al qomariah bunyi "al" terdengar jelas.

Huruf Alif Lam Qomariah

Huruf ال qomariah ada 14 atau setengah dari huruf hijaiyah, yaitu : 

huruf alif lam qomariah

Contoh Alif Lam Qomariah

Contoh bacaan yang terdapat di al Qur'an seperti  : 

الْقَارِعَةُ [101:1]
Surat Al Qori'ah ayat 1
Disini terdapat al bertemu dengan huruf kof yang termasuk huruf qomariah, sehingga ال dibaca jelas "al qoori'ah".

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ [102:1]
Surat At Takatsur ayat 1
Di ayat ini ada dua hukum, silahkan fokus ke al yang pertama di kata "al haakumu". Terdapat al bertemu dengan huruf qomariah ha sehingga ال dibaca jelas "al haakumu".
LihatTutupKomentar