Cara Cepat Menguasai Idgham Bighunnah | Seri Belajar Tajwid

Cara Cepat Menguasai Idgham Bighunnah | Seri Belajar Tajwid

Untuk memudahkan pengertian dari idgham bighunnah, mari kita bedah dari arti perkatanya. Tips mudah menerapkan hukum Idgham bighunnah dalam tilawah

Konten [Tampil]

 Idgham Bighunnah

idgham bighunnah


Assalamu'alaikum warah matullahi wabarakaatuh. Idgham terbagi menjadi dua, yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah.

Di artikel tajwid ini akan membahas idgham bighunnah atau disebut juga idgham ma'al ghunnah.

Pengertian Idgham Bighunnah

Untuk memudahkan pengertian dari idgham bighunnah, mari kita bedah dari arti perkatanya. Idgham bighunnah terdiri dari dua kata, yaitu idgham dan bighunnah. Idgham artinya memasukkan dan bighunnah artinya dengan atau disertai ghunnah.

Jadi idgham bighunnah adalah memasukkan nun mati atau tanwin ke huruf idgham dengan disertai ghunnah (ditahan 2 harakat). Pengucapan hukum idgham juga seperti membaca dua huruf yang ditasydidkan.

Huruf Idgham Bighunnah

Untuk huruf yang termasuk hukum idgham bighunnah adalah ya, nun, mim, dan wau.
hukum idgham bighunnah
ya

 
hukum idgham bighunnah
mim

hukum tajwid idgham bighunnah
nun

huruf idgham bighunnah
wawu



Contoh Idgham Bighunnah di Quran Juz 30

Untuk mempermudah memamahi hukum tajwid ini, berikut kami berikan contoh bacaan idgham bighunnah yang terdapat di Al Qur'an juz 30.
contoh idgham bighunnah di juz 30
Tabbat yadaa abii lahabiw watab (tanwin "in" bertemu wawu)
Cara membaca idgham bighunnah di surat Al Lahab ayat 1 ini, yaitu di kata lahabiw adalah tanwin dimasukkan ke huruf wawu. Sehingga bacaannya bukan "lahabin", tapi dibaca "lahabiw"

contoh hukum idgham bighunnah di juz 30
'Alimat nafsum maa ahdhorot (tanwin "un" bertemu mim)
Kata "nafsun" di surat At Takwid ayat 14 karena ada tanwin bertemu dengan mim, maka termasuk idgham bighunnah. Cara bacanya tanwin tersebut dimasukkan ke huruf mim sehingga bunyinya "nafsum maa".

Yusqouna mir rohiiqim makhtuum (tanwin "in" bertemu mim)
Fokus di kata "rohiiqin" dimana ada tanwin bertemu dengan huruf mim. Huruf qof walaupun bertanwin tidak dibaca qin, karena didepannya ada huruf mim. Cara bacanya jadi "rohiiqim makhtuum", tanwin langsung dimasukkan ke huruf mim.

Innahuu dzhonna al lay yahuur (nun mati bertemu hurur ya)
Di surat al Insyiqoq ayat 14 ada kata "lan yahuur". Terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf ya, sehingga cara bacanya bukan "lan yahuur" tapi dibaca "lay yahuur". Huruf nun dimasukkan ke huruf ya disertai dengan ghunnah atau dengung dengan ditahan 2 harakat.

Bal huwa quraanum majiid (tanwin "un" bertemu mim)
Ayat 21 di surat al Buruj ada kata "qur'anun majiid". Di huruf nun yang tertanwin "un" cara bacanya tanwin dimasukkan ke huruf mim. Sehingga bukan "qur'aanun majiid", tapi dibaca "qur'aanum majiid". Tanwin un di idgham-kan langsung ke huruf mim disertai dengan dengung dan ditahan 2 harakat

Tips Mudah Menguasai Idgham

Tips dari Pesantren Jenius kali ini tentang bagaimana menerapkan hukum idgham bighunnah. Idgham yang dibaca dengan cara dengung atau ditahan 2 harakat.

Tips ini hanya berlaku untuk Al Qur'an cetakan Madinah. Kalau belum tahu apa perbedaan Al Qur'an cetakan Indonesia dan cetakan Madinah atau cetakan Timur Tengah, bisa membaca artikel ini.

Untuk mempermudah dalam menerapkan tajwid idhgam bighunnah, silahkan fokus ke cara penulisannya, yaitu :

nun-mati-dan-tanwin
Nun mati dan tanwin versi 2

1. Nun mati

Nun mati ditulis tanpa ada tanda baca sukun. Ditulis hanya huruf nun saja

2. Tanwin

Tanwin ditulis dengan versi 2. Untuk fathahtain (baris an) dan kasrahtain (baris in) ditulis tidak sejajar. Dan tanwin dhammatain (baris un) ditulis seperti angka 99

3. Huruf ya dan wawu

Untuk menerapkan hukum idgham bighunnah, cukup fokus ke huruf ya dan wawu saja. Karena untuk huruf nun dan mim sudah terbantu dengan adanya tasydid. Dan ini juga mirip seperti hukum nun dan mim bertasydid.

Ketika bertemu dengan huruf ya, bibir diturunkan (bunyinya seperti ayyy, iyyy, uyyy). Dan kalau bertemu huruf wawu, bibirnya dimonyongkan (bunyinya seperti awww, iwww, uwww).

Itu tadi pembahasan tentang idgham bighunnah mulai dari pengertian, huruf-hurufnya, contoh bacaan, dan juga tips mudah mempraktekkan atau menerapkan hukum idgham dalam bacaan Qur'an.

Silahkan share artikel ini untuk membagikan manfaat ke lebih banyak orang.
LihatTutupKomentar