Hukum Bacaan Mad Tamkin : Pengertian, Contoh & Cara Bacanya

Hukum Bacaan Mad Tamkin : Pengertian, Contoh & Cara Bacanya

Hukum bacaan mad tamkin: pengertian, contoh dan cara bacanya. Termasuk mad asli, tidak dipengaruhi oleh hamzah atau sukun. Cara membaca mad tamkin ...

Konten [Tampil]

Hukum Bacaan Mad Tamkin : Pengertian, Contoh & Cara Bacanya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Mari kita mengenal bacaan mad tamkin.

Hukum mad tamkin termasuk kelompok hukum mad asli bersama 4 mad lainya, yaitu mad thabi'i, mad badal, mad 'iwadh, dan mad shilah qashirah. Mad ini tidak dipengaruhi atau tidak bertemu hamzah atau sukun.  

Pengertian bacaan mad tamkin

Bacaan mad tamkin yaitu apabila terdapat huruf ya berharakat kasrah dan bertasydid bertemu dengan huruf ya yang dibaca sukun, maka disebut bacaan mad tamkin.

Cara membaca mad tamkin adalah dibaca panjang sebanyak dua harokat.

Contoh bacaan mad tamkin

Contoh yang pertama yaitu terdapat lafadz 

النَّبِيِّيْنَ
Annabiyyiina

Bacaan mad tamkin-nya yaitu terdapat pada kata yiina. Yaitu terdapat huruf ya yang bertasydid dibaca kasroh, kemudian bertemu dengan huruf ya yang dibaca sukun. Apabila terdapat huruf ya' bertasydid dan berharokat kasroh bertemu dengan ya' yang disukun maka dinamakan bacaan Mad tamkin.

Cara membacanya adalah dibaca panjang sebanyak dua harokat. Annabiyyiina.

Contoh yang selanjutnya terdapat pada lafadz 

حُيِّيْتُمْ
Huyyiitum

Bacaan mad tamkin-nya yaitu ada pada huruf ya yang bertasydid berharokat kasroh kemudian bertemu dengan ya sukun. Aapabila terdapat huruf ya bertasydid berharokat kasroh dan bertemu dengan ya yang dibaca sukun maka dinamakan bacaan Mad tamkin.

Cara membacanya adalah huruf ya dibaca panjang sebanyak dua harokat.

Contoh yang berikutnya terdapat lafadz

عِلِّيِّيْنَ
'Illiyyiina

Terdapat ya bertasydid dibaca kasroh bertemu dengan huruf ya sukun maka dinamakan bacaan mad tamkin. Cara membacanya ya dibaca panjang sebanyak dua harokat. 

Bacaan mad tamkin ini hampir mirip dengan mad thobii atau mad asli. Hanya saja bedanya mad tamkin disana terdapat tasydid. Yaitu hanya terjadi pada huruf ya' saja. Apabila terdapat huruf yang bertasydid berharokat kasroh dan bertemu dengan ya yang dibaca sukun maka dinamakan bacaan Mad tamkin. 

Sedangkan metode mad thabii yaitu apabila ada huruf yang berharakat kasrah dan bertemu dengan huruf ya sukun maka dinamakan mad thobi'i. 

Antara mad thabi'i dan mad tamkin ada sedikit kemiripan yaitu sama-sama bertemu dengan huruf ya yang sukun. Cara membanyak pun sama yaitu dibaca dua harokat. 

Contoh yang berikutnya lagi yaitu terdapat pada lafadz

وَلَكِنْ كُوْ نُوا رَبَّنِيِّيْنَ
Walin kuu nuu robbaniyyiina

Bacaan Mad tamkin-nya yaitu terdapat pada lafadz robbaniyyiin.Pada contoh yang tertulis bisa diperhatikan terdapat huruf ya yang bertasydid berharokat kasroh kemudian bertemu dengan huruf yang dibaca sukun.

Cara membacanya adalah huruf ya dibaca panjang sebanyak dua harokat.

Semoga artile hukum tajwid mad tamkin ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi kita semuanya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
LihatTutupKomentar