Pengertian Hukum Izhar Syafawi, Huruf, Contoh dan Tips Mudah Baca

Pengertian Hukum Izhar Syafawi, Huruf, Contoh dan Tips Mudah Baca

Membahas hukum izhar syafawi dengan lengkap, pengertian, huruf, cara baca, contoh dan juga tips mudah menerapkan hukum idzhar syafawi dalam tilawah

Konten [Tampil]

 Hukum Izhar Syafawi

Hukum Izhar Syafawi


Selamat datang di website Fun Quran, tempat belajar membaca Al Qur'an yang menyediakan materi hukum tajwid lengkap dan juga tips mudah menerapkan hukum tajwid. Di artikel ini akan membahas hukum izhar syafawi yang merupakan kelompok hukum mim mati.

Di tulisan sebelumnya sudah dibahas hukum mim mati yang lainnya, yaitu ikhfa syafawi dan idgham mitslain. Silahkan dibaca bagi yang belum untuk menambah pemahaman tentang hukum syafawi ini.

Pengertian Idzhar Syafawi

Untuk mempermudah pemahaman tentang idzhar syafawi, mari kita bedah dari pengertian perkatanya. Izhar syafawi terdiri dari izhar yang artinya jelas dan syafawi yang artinya bibir. 

Izhar syafawi adalah pengucapan huruf mim sukun yang dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf-huruf selain mim dan ba. Cara membaca izhar syafawi adalah jelas dan tanpa dengung (ghunnah), terutama ketika bertemu hururf fa dan wawu.

Disebut hukum bacaan izhar syafawi karena mim sukun dibaca jelas dan tidak boleh terpengaruh huruf yang ada didepannya.

Huruf Izhar Syafawi

Huruf izhar syafawi sangat banyak, karena hurufnya selain huruf ikhfa syafawi dan idgham mitslain. Huruf izhar syafawi adalah semua huruf hijaiyah kecuali huruf mim dan ba.


Contoh izhar syafawi

Untuk memudahkan memahami, berikut ini contoh bacaan izhar syafawi.

هُمْ نَائِمُوْنَ

Hum naa imuun
Mim mati bertemu huruf nun, cara bacanya mim dibaca jelas dan tanda ghunnah

يَمْكُرُوْنَ

Yamkuruuna
Mim mati bertemu huruf kaf, cara bacanya mim dibaca jelas dan tanpa dengung (tidak ditahan)

Contoh Idzhar Syafawi di Al Qur'an

contoh izhar syafawi
Faja'alahum ka'ashfim ma'kuul
Contoh izhar syafawi di Al Quran surat Al Fiil ayat 5. Terdapat mim mati bertemu dengan huruf kaf. Cara bacanya ikhfa syafawi, dimana huruf mim dibaca jelas dan tanpa ghunnah (dengung).

contoh bacaan izhar syafawi
Kalau ayat ini InsyaAllah sudah pada hafal ya. Surat Al Fatihah ayat 7. Di kata "an'amta" terdapat mim mati bertemu huruf ta. Huruf mim dibaca jelas, tanpa dengung dan juga tidak mantul atau qalqalah. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan untuk hukum idzhar syafawi adalah huruf mim dibaca jelas namun ditambah pantulan atau ditambah hukum qalqalah. 
contoh bacaan izhar syafawi di alquran
Wayamna'unal maa'uun
Contoh selanjutnya di surat Al Ma'un ayat 7 dimana mim mati bertemu dengan huruf nun. Cara bacanya mim dibaca jelas dan tanpa ditahan atau ghunnah.

Tips Mudah Baca Izhar Syafawi

Tips mudah baca dari Fun Quran kali ini untuk menguasai bacaan hukum izhar syafawi. 

Tipsnya dalah fokus ke simbol atau tanda baca sukun. Ketika mim mati dan ada tanda sukunnya, dan didepannya da huruf selain mim atau ba, maka ia termasuk hukum idzhar syafawi. Dibaca jelas dan tanpa ditahan.

Ini sama dengan fungsi sukun dimana sukun ditulis untuk menandakan huruf tersebut dibaca jelas. 

Untuk mengikat ilmu tentang hukum izhar syafawi, silahkan jawab pertanyaan dibawah ini :

1. Jelaskan pengertian hukum bacaan izhar syafawi dan tulislah satu contohnya?
2. Sebutkan huruf izhar syafawi?

Demikian bahasan tentang hukum izhar syafawi. Semoga bermanfaat dan memudahkan dalam membaca Al Qur'an dengan menerapkan hukum tajwid sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Silahkan sebarkan artikel ini supaya banyak yang mendapatkan menafaatnya. Terima kasih

Video Pendek Izhar Syafawi


LihatTutupKomentar